Wisata alam di Situ Patengang Ciwidey

0
285

BANDUNGm, infobdg.com – Daerah Ciwidey memang sudah cukup terkenal untuk dijadikan destinasi wisata. Banyak tempat wisata alam yang ada disini, yang paling terkenal dari semua wisata alam yang ada disini adalah Kawah Putih, karena sering dijadikan tempat syuting film nasional. Tapi kurang lengkap rasanya jika Wargi Bandung berwisata ke daerah Ciwidey tanpa ke tempat yang satu ini, yup tempat itu adalah Situ Patengang.

BjKw1YZCAAAO12X

Situ Patengan merupakan danau yang terletak di Ciwidey, Bandung Selatan. Terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut ini menempati areal seluas 150 Ha. Dulunya kawasan ini merupakan kawasan cagar alam atau taman nasional, namun pada tahun 1981 telah resmi berubah menjadi sebuah taman wisata. Situ Patengang ini bisa dicapai dengan melewati Kopo Sayati dan dilanjutkan ke Soreang, dari Soreang dilanjutkan ke Ciwidey dan sampailah di lokasi Situ Patengang. Kawasan Situ Patengang ini melewati kawasan Kawah Putih dan pemandian air panas Ciwalini.

BmF7POLCIAAk3mv

Nama Situ Patengang berasal dari bahasa Sunda yaitu “pateangan-teangan” yang artinya saling mencari. Konon nama itu bermula dari kisah cinta Ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka dikisahkan berpisah cukup lama, tapi karena cintanya yang begitu mendalam, mereka saling mencari dan akhirnya bertemu di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan “Batu Cinta”. Dewi Rengganis pun minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama. Perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati yang sekarang diberi nama Pulau Asmara /Pulau Sasaka. Sampai saat ini mitos bahwa yang singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara, akan mendapat cinta yang abadi seperti Ki Santang dan Dewi Rengganis.

COJmR9GU8AETJFO

Suasana Situ Patengang yang begitu tenang, dan udara yang begitu segar membuat tempat ini cocok untuk melupakan kepenatan aktivitas Wargi Bandung, Wargi Bandung akan merasa nyaman dan merasa relaks jika berwisata ke tempat ini.  Saat Wargi Bandung akan  memasuki daerah Situ Patengang, Wargi Bandung akan melihat indahnya perkebunan teh menambah kesegaran dari wisata alam disini. Udara disini sangat sejuk udaranya masih bersih bebas dari polusi sangat berbeda ketika Wargi Bandung sedang ada di kota.

Jika Wargi Bandung sedang berwisata ke Situ Patengang, Wargi Bandung jangan sampai melewati fasilitas perahu yang bisa disewa untuk mengelilingi sebuah pulau asmara yang ada di tengah situ dan batu cinta yang menurut mitos bisa membuat hubungan Wargi Bandung dengan pasangan bisa abadi.

JikaWargi Bandung ingin berwisata ke daerah Ciwidey jangan sampai melewatkan keindahan dari Situ Patengang dijamin akan membuat relaks jika berwisata kesini. Silahkan dicoba Wargi Bandung. 🙂

Komentar

Total Komentar