Wisata Budaya di Kampung Adat Cireundeu

0
2362

BANDUNG, infobdg.com – Kampung Cireundeu terletak di kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi yang bisa Wargi Bandung akses melalui pintu keluar Tol Baros yang terletak di Tol Padaleunyi. Kampung Cireundeu yang dapat ditempuh sekitar 30 menit dari pintu keluar Tol Baros ini menawarkan wisata edukasi yang menarik dan berbeda dari biasanya loh.

Berasal dari pohon rendeu yang menjadi asal mula nama Kampung Cireundeu yang banyak ditemukan di kampung ini. Berbeda dari kampung adat lainnya, Warga di Kampung Adat Cireundeu ini sebagian besar bercocok tanam singkong atau ketela. Maka dari itu, masyarakat Kampung Cireundeu tidak mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok, tapi rasi yaitu kepanjang dari beras singkong yang mereka hasilkan dan diolah dikampung Cireundeu.

Wargi Bandung yang berwisata ke Kampung Adat Cireundeu tentu akan punya kesempatan untuk mencoba Rasi. Selain dari bahan pangan yang berbeda, di Kampung Cireundeu masyarakat memiliki konsep turun temurun dari leluhurnya yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu;

  1. Leuweung Larangan (hutan terlarang) yaitu hutan yang tidak boleh ditebang pepohonannya karena bertujuan sebagai penyimpanan air untuk masyarakat adat Cireundeu khususnya.
  1. Leuweung Tutupan (hutan reboisasi) yaitu hutan yang digunakan untuk reboisasi, hutan tersebut dapat dipergunakan pepohonannya namun masyarakat harus menanam kembali dengan pohon yang baru. Luasnya mencapai 2 hingga 3 hektar.
  1. Leuweung Baladahan (hutan pertanian) yaitu hutan yang dapat digunakan untuk berkebun masyarakat adat Cireundeu. Biasanya ditanami jagung, kacang tanah, singkong, dan umbi-umbian

Jika Wargi Bandung kebetulan berkunjung pada malam Syura atau Tahun Baru Saka Sunda yang biasanya jatuh pada bulan Oktober, Wargi Bandung akan berkesempatan untuk menyaksikan Upacara Syura-an yang dirayakan sebagai rasa syukur masyarakat adat atas rahmat dari yang Maha kuasa. Mulai dari pemuka adat, warga sekitar dan pemerintah kota datang dan turut meramaikan acara adat tersebut.

Wargi Bandung yang ingin mencoba berwisata dengan pengalaman yang bebeda dari biasanya, tim Infobdg sangat merekomendasikan untuk datang berkunjung ke Kampung Adat Cireundeu ini. Jangan lupa menjaga fasilitas umum dan kebersihan selama di sana ya Wargi Bandung.

FOTO : Antaranews.com | infocmh.blogspot.co.id | Kompasiana.com

 

Komentar

Total Komentar