Wisata Recommended Liburan di Bandung Bersama Keluarga

0
22228

BANDUNG, infobdg.com – Liburan bisa dimanfaatkan untuk quality time bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Mau liburan di Bandung? Mimin punya rekomendasi tempat wisata recomended liburan di Bandung. Dimana saja ya?

The Lodge

Menikmati suasana pinggir tebing dengan panorama hutan pinus menjadi wisata istimewa. Di The Lodge Maribaya, Wargi Bandung bisa menikmati suasana sunyi nan romantis yang tepat berada di pinggir tebing dengan pemandangan hutan pinus milik Perhutani. The Lodge Maribaya memiliki banyak fasilitas, diantaranya camping ground, outbond, tracking, dan kuliner dengan dua pilihan restoran The Pines Cafe dan Dapur Hawu. Di sini Wargi Bandung bisa foto keren di spot-spot spesial dari The Lodge seperti sky tree, sky swing, atau sky bike.

Jalan Maribaya No. 149/252
022) 20454830

Floating Market

Floating Market mengusung konsep unik seperti pasar terapung di Banjarmasin. Harga tiket masuk di Floating Market ini Rp 20.000,00/orang. Tiket masuknya bisa ditukar dengan minuman, jadi harga tiketnya sudah termasuk gratis 1 gelas minuman, minumannya bisa pilih, ada kopi hitam panas/dingin, coffe latte, es lemon tea, dll. Bila Wargi Bandung ingin membeli makanan atau bermain di wahana bermain yang ada di Floating Market, Wargi Bandung harus menggunakan koin yang bisa dibeli di kasir. Jajanan yang terdapat di Floating Market ini sangat lengkap, mulai dari seblak, martabak, tempe mendoan, sate, mie jowo, mie ayam dan bakso, kue cubit, dll. Fasilitas yang ada di Floating Market ada taman miniatur kereta api, lokomotif mini, taman kelinci, becak dan mobil mini, kampung kandang, outbound anak, memancing, canoe, perahu sampan, sepeda air, paddle boat, kereta air, dll.

Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang
(022) 2787766

Farm House

Di akhir tahun 2015 tempat ini pernah melejit dengan spot foto rumah hobit. Di Farm House wargi Bandung bisa berfoto bersama aneka hewan dan juga air terjun. Selain rumah hobit di Farm House juga menyewakan baju ala-ala Belanda untuk berfoto di sekitar Farm House. Untuk masuk ke Farm House Wargi Bandung cukup mengeluarkan Rp 20.000 dan akan mendapatkan susu murni dengan berbagai rasa.

Jl. Raya Lembang No. 108
(022) 82782400

Bird & Bromelia Park

Bird & Bromelia Pavilion terletak di dalam Pramestha Resort Town di Bandung Utara. Taman burung ini konsep utamanya adalah edukasi dan interaksi. Ini adalah prototype Bird Park di Bali, tetapi karena belum seluas Bird Park jadilah dibuat skala kecilnya yaitu Bird Pavillion. Ada semacam avari besar atau bangunan besar tempat memelihara berbagai jenis burung yang dibiarkan lepas dari sangkarnya dengan dibatasi jaring. Di sini kamu bisa berinteraksi dengan burung dan bisa kasih langsung makan burung. Bukan cuma burung umum, di sini juga ada burung langka seperti  Caique Parrot, Double Yellow Amazone dan Macaw Scarlet.

Area Bird & Bromelia Pavilion cantik dengan konsep jalanan yang berpagar tanaman di sisi kanan kiri jalan. Sebelum masuk, Wargi Bandung harus membeli tiket seharga Rp 35.000,- (weekday) & Rp 50.000,- (weekend) lalu akan dikasih tiket berupa gelang sebagai tanda masuknya. Tiket ini nantinya bisa kamu tukarkan dengan sebotol air mineral saat keluar area.

Jalan Akaza Utama No. 9 (Dago Giri) Komplek Pramestha Resort Town
(022) 87791919

Maribaya Natural Hot Spring Resort

Maribaya yang sempat ditutup oleh pemerintah karena renovasi, kini benar-benar berubah 180 derajat dengan renovasi dan penambahan fasilitas yang sempurna. Air panas natural di Maribaya dikenal dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Air pemandian di Maribaya mengandung senyawa natrium bikarbonat. Sifatnya basa lemah dengan konsentrasi ion hydrogen  sebesar pH 6,6 -7,3 dan suhu airnya 45,1 derajat Celcius.

Beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya:

Food court Langlang Buana
Kolam pancing Talaga Giri
Kolam Tangkap Ikan Talaga Giri
Area Barbeque Saung Iteung
Kolam Ikan Air Dingin
Kolam Rendam Kaki Air Panas
Kolam Rendam Air Panas Alam
Twig Café kapasitas 250 orang
Yoga Hill Swargaloka
Kolam rendam VIP Tirta Sawarna
Kamar Rendam Tirta Raga
Amphitheatre Bale Piton
Sky Brige di Area Bale Piton
Playground Children

Jl. Raya Maribaya No.105/212
(022) 82782228

Tangkuban Parahu

Gunung Tangkuban Perahu memiliki kawah yang besar. Kawah besar inilah yang menciptakan satu panorama menakjubkan. Wargi Bandung hanya memerlukan waktu 2 jam untuk bisa mengelilingi keselurahan kawah tersebut. Jumlah seluruh kawah aktif gunung Tangkuban Perahu ada 9 buah, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Domas, Kawah Ecoma, Kawah Jurig, Kawah Siluman, Kawah Baru, Kawah Lanang, Kawah Jarian, dan kawah Pangguyangan Badak. Tetapi yang sudah terkenal dan sering dikunjungi oleh wisatawan hanyalah tiga kawah seperti Kawah Ratu, Kawah Domas dan Kawah Upas.

Wisata Gunug Tangkuban Perahu ini buka dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Suhu rata-rata pada malam hari dapat mencapai 2 derajat celcius loh. Tapi ketika siang hari suhu rata-rata di kawasan ini sekitar 17 derajat celcius.

Kawah Putih

Kawah putih merupakan sebuah danau hasil letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna. Kawah Putih sendiri berada pada ketinggian sekitar 2.400 meter dpl, menjadikan suasana di objek wisata ini begitu sejuk dengan suhu antara 8-22 derajat Celcius. Pemandangan kawahnya pun begitu indah. Kadangkala dihiasi dengan kabut yang turun di atas kawah. Untuk memasuki kawah putih pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 18 ribu per orang untuk wisatawan lokal dan Rp 50 ribu untuk turis asing.

Glamping Lakeside

Glamping Lakeside adalah wisata baru yang dibuka Juli 2016. Lokasinya langsung menghadap ke Situ Patenggang dan tepat berada di area batu cinta. Resort ini juga berada di tengah-tengah hamparan perkebunan teh, sehingga Wargi Bandung bisa menikmati alam yang sangat asri. Di Glamping Lakeside, Wargi Bandung bisa menikmati kawasan resort dengan fasilitas lengkap. Di sini kamu bisa rafting, fun game, paint ball, fun offroad, tea walk, gathering, bicycle track dan menjelajah kebun strawberry. Ada dua fasilitas favorit di resort ini, yaitu Pinisi Resto Glamping Lakeside dan Tent Resort Glamping Lakeside.

Jl. Situ Patengan, Patengan
0821-8002-8888

Situ Cileunca

Situ Cileunca tahun 1918-an adalah daerah sunyi dipenuhi pohon dan tanaman belantara. Tempat ini dibuat danau buatan diatas ketinggian 1550 mdpl, dengan luas sekitar 1.400 ha dan kedalaman mencapai 17 meter. Awalnya danau buatan ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan perairan warga setempat dan berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Seiring berjalan waktu, danau buatan ini bertransformasi menjadi objek wisata karena menyajikan panorama alam yang indah dengan dilengkapi background pegunungan dan perbukitan alami. Di sekitar situ terdapat camping ground, untuk yang ingin kemping disini. Situ Cileunca juga dilengkapi dengan perkebunan arbei dan stroberi. Selain itu kini objek wisata ini disambungkan dengan sungai palayangan yang akhirnya membuka juga fasilitas flying fox dan arum jeram dengan berbagai varian tarif dan fasilitas yang berbeda setiap paketnya.

Satu lagi yang membuat menarik Situ Cileunca adalah keberadaan Jembatan Cinta. Konon disebut Jembatan Cinta karena setiap sore banyak pasangan yang berpacaran di Jembatan Cinta. Belum lagi karna Jembatan Cinta menghubungkan dua desa, jadi banyak pasangan dari dua desa itu terpisahkan dan akhirnya bertemu di Jembatan Cinta.

Curug Pelangi

Setelah direnovasi dan mendapat perhatian penuh dari pemerintah, Curug yang sebelumnya dikenal sebagai Curug Cimahi kini lebih dikenal dengan nama Curug Pelangi. Curug Pelangi menjadi list daftar wajib dikunjungi di Bandung. Air terjun yang berada di wilayah Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua ini memiliki ketinggian 71 meter. Selain udaranya yang sejuk, pemandangan air terjun yang indah menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk datang ke sini. Berkat modifikasi pemerintah yang kreatif dengan memasang lampu di bagian dinding air terjun nya makan Curug Pelangi ini akan sangat memukau ketika malam hari, akan terlihat kilau air dengan efek cahaya lampu yang di pasang sehingga dinamakanlah Curug Pelangi.

Jl. Kolonel Masturi No.325

Alun-Alun Bandung

Kawasan Alun-Alun Bandung yang sudah dibangun sejak 1898 sudah beberapa kali direnovasi. Spot-spot cantik untuk ber-selfie di Area sekitar alun-alun diantaranya di taman dengan rumput hijau sintetis, taman tempat duduk warna merah yang berjajar beraturan samping lapangan sintetis dekat tulisan Bandung, Menara di Masjid Agung Bandung, kebun bunga, halte dengan tempat duduk dan tulisan Alun-Alun Bandung dan taman tempat duduk dekat playground.

Jalan Braga dan Jalan Asia Afrika

Bangunan art deco menghiasi di sepanjang Jalan Asia Afrika. Tempat selfie bagus di Jalan Asia Afrika diantaranya di Museum Konferensi Asia Afrika, Gedung Merdeka, Hotel Savoy Homan dan Hotel Preanger.

Dulu Jalan Braga adalah one stop holiday di pusat Kota, dimana merupakan pusat keramaian dan bisnis utama di Kota Bandung. Jalan Braga dipenuhi dengan gedung-gedung khas kolonial. Gedung-gedung nyentrik yang sudah ada sejak tahun 1920-an ini menjadi spot artistik yang hanya bisa ditemukan di Jalan Braga Bandung.

Taman Balai Kota Bandung

Lokasi taman ini berada di kawasan kantor pemerintahan Kota Bandung yang beralamat di Jl. Wastukencana No. 2. Di taman yang telah direnovasi oleh pemerintah kota semenjak Kang Emil menjabat Wali Kota ini, terdapat gembok cinta yang cukup ikonik. Selain itu terdapat juga air mancur dan sejumlah taman bunga yang ditata sedemikian rupa hingga tampak cantik. Di sisi luar taman terdapat sungai kecil yang telah disaring hingga menjadi tempat bermain air yang aman bagi anak-anak. Hiburan baru di taman ini adalah taman labirin.

Ranca Upas

Waktu dengar Ranca Upas pasti sudah akrab dengan nuansa kemping dan penakaran Rusa yang membuat pengunjung langsung bisa berinteraksi dengan rusanya. Nah penakaran rusa di Ranca Upas ini berhasil menarik minat Wargi Bandung sepanjang 2015 untuk datang dan berfoto selfie langsung dengan rusa. Selain bisa memberi makan rusa, di sini pun enak untuk mengobrol dan bersantai. Ranca Upas memang menjadi pilihan yang tepat untuk menenangkan diri karena udara sejuk dan pemandangan yang indah.

Jalan Ciwidey-Patengan Km. 11

Tebing Keraton

Tebing Keraton kini dikelola dengan baik menjadi tempat wisata oleh Perum Perhutani Jawa Barat. Area sekitar 3 ha ini berada di Kampung Cirahegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung. Rasakan sensasi berada di atas tebing yang dikelilingi pegunungan penuh dengan pemandangan hutan pinus. Tebing Keraton menjadi salah satu tempat sempurna untuk melihat sunrise dan sunset. Perpindahan kabut, perpindahan warna langit, dan udara yang sejuk akan Wargi Bandung nikmati ketika ada di perpindahan sunset atau sunrise.

Perjalanan yang harus ditempuh untuk sampai ke Tebing Keraton, Wargi Bandung bisa melalui arah Dago Pakar, Padasuka, dan Punclut. Bila Wargi Bandung membawa kendaraan roda empat, mobil harus diparkirkan 2,5 km dari lokasi Tebing Keraton. Wargi Bandung bisa berjalan kaki atau menggunakan jasa ojek dengan harga Rp 50.000 PP. Sedangkan untuk yang membawa roda dua, Wargi Bandung bisa membawa ke lokasi tetapi harus berhati-hati karena jalan bebatuan terjal dan agak sempit. Tiket masuk ke kawasan ini adalah Rp 11.000. Sedangkan jam operasionalnya mulai jam 04.00 s/d 18.00 WIB.

Puncak Bintang

Puncak Bintang ada di ketinggian 1442 meter diatas permukaan laut. Di sini Wargi Bandung bisa menikmati sunset secara sempurna. Wargi Bandung bisa melakukan banyak hal di Puncak Bintang, bisa menelusuri hutan pinus sejuk, menikmati sunset, melihat pemandangan landscape bandung, camping ground, jogging track, bike track, bird watching, tracking ke patahan Lembang dll. Harga tiket masuknya Rp 15.000. Puncak Bintang ini ada di area Bukit Moko, Caringin Tilu.

Dusun Bambu

Dengan tiket masuk seharga Rp 15.000, Wargi Bandung bisa menikmati makanan yang berada di food court atau pasar khatulistiwa dengan berbagai macam pilihan menu. Selain Pasar Khatulistiwa, ada juga Purbasari yang berada di pinggir danau. Di Purbasari Wargi Bandung akan dipilihkan satu paket makanan seharga Rp. 150.000. Jika ingin suasana yang lain lagi menikmati keindahan Dusun Bambu, wargi Bambu bisa menikmati restonya yaitu Burangrang, dengan range harga makanan Rp 55.000-Rp 85.000 dan minuman Rp 8000-Rp 40.000.

Sudah mengisi perut dengan suasana yang menyenangkan, Wargi Bandung bisa nih bermain-main dengan kelinci di area Rabbit Wonderland. Dengan membayar Rp 35.000, Wargi Bandung bisa memberi makan kelinci yang lucu-lucu di area yang nyaman dan gemes banget deh. Setelah dari Rabbit Wonderland, Wargi Bandung bisa melipir ke Bamboo Playground dengan berhamparkan rumput sintetis dan berbagai macam permainan yang aman. Dengan harga Rp 50.000, Wargi Bandung bisa main sepuasnya. Kalau Wargi Bandung mau nikmati danau buatan yang ada di Dusun bambu dengan perahu, Wargi Bandung bisa nikmatinya dengan harga Rp 10.000/orang atau Rp 20.000 untuk Balon Donat.

Jalan Kolonel Masturi KM. 11
(022) 82782020

Taman Hutan Raya Djuanda

THR Ir. H. Juanda diresmikan pada tanggal 14 Januari 1985 yang bertepatan dengan hari kelahiran Bapak Ir. H. Djuanda dan dikukuhkan sebagai Taman Hutan Raya pertama di Indonesia. Nikmati kesejukan dari Tahura yang luasnya mencapai 590 hektare. Spot selfie di Tahura diantaranya di Curug Dago, Curug Omas, Goa Belanda, Goa Jepang, Museum Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda.

Kompleks Tahura Ir. H. Djuanda No.99, Dago Pakar

Taman Begonia

Dengan konsep taman bunga yang berada di tengah kota, kebun bunga begonia ini mampu menarik minat wisatawan baik Wargi Bandung sendiri sampai wisatawan luar kota. Wargi Bandung suka berkebun? Atau ingin merasakan keindahan bunga begonia setiap hari di rumah? Pihak pengelola kebun bunga begonia akan menyediakan fasilitas pelatihan untuk merawat bunga begonia sampai menyediakan bibit unggul bunga begonia.

Tidak hanya melihat dan menikmati keindahan bunga begonia saja, di kebun begonia Wargi Bandung bisa juga merasakan berkebun, memetik buah dan sayur. Tersedia juga fasilitas trainning bagaimana untuk membudidayakan bunga begonia. Jangan khawatir masalah perut, Wargi Bandung bisa memanjakan lidah di Cafe Glory yang ada di kawasan kebun bunga begonia. Sajian kuliner yang kental dengan nuansa sunda bisa menjawab rasa lapar Wargi Bandung setelah puas berfoto.

Jalan Maribaya 120 Lembang-Bandung
Telp. (022) 2788148-2788527
www.kebunbegonia.com

Foto : panoramacantik.blogspot.com | Timothy Wpawiro | mrandmrsleonard.blogspot.com | @abdie_ft | catwalkus.wordpress.com

Komentar

Total Komentar