BANDUNG, infobdg.com – Kota Bandung sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal di Indonesia. Dari wisata alam, wisata belanja, sampai wisata kuliner ada di sini. 

Buat wisatawan yang hendak berlibur ke Kota Bandung, tim Infobdg sudah menyiapkan daftar yang wajib dikunjungi dan dicoba saat berkunjung ke Bandung. 

Alun-alun Kota Bandung

Kawasan yang berada dekat dengan titik 0 kilometer Kota Bandung ini menjadi list pertama yang wajib dikunjungi. Kalian bisa bermain bersama keluarga di hamparan rumput buatan yang luas.

Beberapa tempatnya cocok untuk berfoto bersama ataupun selfie. Di samping rumput tersebut ada Masjid Raya Bandung dengan menara tinggi yang bisa dimasuki pada waktu tertentu. Dari atas menara kalian bisa menikmati pemandangan seluruh Bandung yang cantik lho.

Kawasan Asia-Afrika

Kawasan wisata ini berada dekat dengan Alun-alun Kota Bandung, jadi cukup dengan berjalan kaki saja untuk ke sini dari Alun-alun. Ada Gedung Merdeka yang didalamnya terdapat Museum Konferensi Asia-Afrika. Bagi kalian yang mau mempelajari Konferensi Asia-Afrika, wajib datang kesini.

Samping Gedung Merdeka ini ada kawasan Cikapundung Riverspot. Biasanya setiap malam minggu ada acara kuliner. Wisata kuliner di sini, mantap! Di trotoar sekitar Jl. Asia-Afrika banyak cosplay dari tokoh kartun terkenal dan cosplay hantu yang bisa diajak foto bersama. Buat kalian yang sudah punya anak, wajib datang ke sini ya.

Jalan Braga

Tempat wisata yang satu ini sudah sangat terkenal, karena beberapa kali dijadikan sebagai lokasi shooting film nasional. Selain terkenal karena beberapa sudutnya yang masih klasik, banyak spot foto Instagram-able juga lho.

Gedung Sate & Gasibu

Gedung Sate ini merupakan kantor Gubernur Jawa Barat, dan sudah menjadi ikon Kota Bandung. Di dalamnya terdapat Museum Gedung Sate yang terbuka untuk umum.

Kalian bisa mendapatkan informasi tentang alasan Gedung Sate ini dibangun, arsitektur, serta sejarah proses pembuatannya. Satu yang berbeda dengan museum pada umumnya, museum ini menampilkan informasi dalam bentuk digital. Jadi akan lebih mudah memahami informasi yang ada.

Kalau kalian ingin berolahraga seperti jogging, bisa dilakukan di Gasibu. Setelah direnovasi, Gasibu kini sudah tampil lebih cantik. Selain berolahraga, di sini juga cocok untuk selfie dan berfoto.

Kawasan Dago

Dago menjadi kawasan favorit bagi para wisatawan untuk menikmati suasana kota Bandung. Terlebih setelah beberapa waktu lalu saat Kang Ridwan Kamil masih menjabat sebagai Wali Kota, kawasan Dago dipercantik dan menjadi lebih ramah untuk pejalan kaki.

Di sekitar Dago juga terdapat beberapa pusat perbelanjaan dan kuliner yang menjadi rekomendasi. Setiap hari minggu pagi diadakan acara Car Free Day, jadi kalian bisa menikmati minggu pagi dengan lebih santai.

Kantor Balai Kota Bandung

Di sini kalian bisa menikmati sejuk dan teduhnya kawasan yang dikelilingi oleh pohon rindang. Ada taman sejarah Bandung dan Bandung Planning Gallery yang bisa kalian kunjungi di sini. Terdapat juga Museum Kota Bandung yang lokasinya berada di seberang dari Bandung Planning Gallery.

Bandung Creative Hub

Tempat yang baru dibangun pada masa kepemimpinan Wali Kota Ridwan Kamil ini sebenarnya pusat kreatif bagi para pemuda Kota Bandung.
Sering diadakan berbagai kegiatan yang menunjang kreatifitas bagi warga kota Bandung di sini. Selain itu tempatnya terbuka untuk umum dan juga dibeberapa spot-nya cocok untuk foto-foto. Lokasinya berada di pertigaan Jl. Laswi – Jl. Sukabumi.

Taman-Taman Tematik

Banyak taman tematik yang pas untuk dijadikan tempat wisata di Kota Bandung. Ada Taman Pasupati (Taman Jomblo) di bawah fly over Pasupati, Taman Lansia di Samping Gedung Sate, Taman Superhero di Jl Anggrek, Taman Cibeunying di Jl Cilaki, dan masih banyak lagi. Buat kalian yang ingin menikmati suasana Bandung, taman tematik wajib masuk list yang harus dikunjungi ya.

Bandros

Kalau kalian ingin wisata dengan berkeliling Kota Bandung, bisa naik bus Bandros. Bandros atau Bandung Tour On Bus ini kendaraan yang dikhususkan untuk wisatawan menikmati jalan-jalan di Bandung.

Ada beberapa pilihan dengan rute yang berbeda. Kalian bisa naik Bandros ini di sekitar Balai Kota Bandung atau di sekitar Taman Lansia (Samping Gedung Sate), dengan membayar tiket Rp 20.000/ orang.

Kawasan Jalan Riau

Di sini terkenal sebagai salah satu pusat wisata belanja yang ada di Bandung. Terdapat beberapa factory outlet rekomendasi bagi kalian yang mau berbelanja kebutuhan fashion. Selain itu di sini juga terdapat banyak tempat makan yang wajib dikunjungi, salah satunya adalah Cuanki Serayu yang ada di Jl Serayu.

Pasar Baru

Sama seperti kawasan Jl Riau, Pasar Baru ini merupakan pusat wisata belanja bagi wisatawan luar daerah, bahkan wisatawan dari luar negeri pun banyak yang berbelanja di sini.

Tidak hanya produk fashion yang sudah jadi saja, di Pasar Baru ini juga banyak yang menjual bahan belum jadi untuk pakaian, seperti kain yang dijual per meter atau perkilo. Harga pakaian yang dijualnya bisa dikatakan cukup terjangkau.

Jadi kalau wisata ke Bandung jangan cuma ke Lembang atau Bandung Selatan saja ya, yuk explore juga Kota Bandung!

 

Komentar

Total Komentar