Yuk Jelajah 6 Kebun Teh Cantik di Bandung!

0
4819

BANDUNG, infobdg.com – Dataran tinggi selalu menjadi tempat yang nyaman untuk berwisata. Udara yang sejuk, dan tidak bising kendaraan adalah beberapa hal yang membuat tempat wisata di dataran tinggi sangat favorit.

Tapi perkebunan teh bukan cuma dimanfaatkan hasil olahan tehnya. Perkebunan tehnya bisa menjadi wisata alam yang menyenangkan. Hamparan hijau kebun teh berhektar-hektar bisa menjadi penyejuk mata, pikiran, dan hati kalau Wargi Bandung lagi penat dengan bisingnya kota.

Bandung punya beberapa lokasi wisata perkebunan teh. Bisa jadi salah satu destinasi wisatamu nih. Mau tau? Cekidot!

Perkebunan Teh Rancabali

Screen Shot 2015-10-05 at 4.47.54 PM

Bandung Selatan memiliki banyak obyek wisata alam. Bukan Cuma Rancaupas, kawah putih, dan beberapa kolam air panas, salah satunya Perkebunan Teh Rancabali. Lokasinya sekitar 50 KM di sebelah selatan Kota Bandung dengan ketinggian 1.628 diatas permukaan laut dan suhu 16-26 derajat celcius. Perkebunan ini mengolah dua komoditi yaitu teh dan kina yang di dukung oleh keberadaan pabrik pengelolahan teh CTC dan Orthodoks.

Ada beberapa titik air terjun kecil bertingkat di tepian-tepian pohon teh yang terletak di sisi Kanan sebelum sampai ke Situ patenggang. Selain menikmati pemandangan kebun teh, Wargi Bandung juga bisa melakukan kunjungan wisata ke pabrik teh Rancabali dan bisa melihat proses penanaman, pembibitan, pembukaan lahan, pemeliharaan, pemetikan, pemangkasan, sampai pengolahan teh. Bukan Cuma itu, Wargi Bandung juga bisa melakukan tea walk dengan rute sejauh 2 Km, 3 Km, atau 4 Km.

 

Perkebunan Teh Gambung

Di Ciwidey bukan cuma ada Perkebunan Teh Rancabali. Perkebunan Gambung berada di Desa Mekarsari, Kecamatan Cisondasari, Bandung. Keistimewaan Perkebunan Teh Gambung adalah “ngebengkong”. Ngebengkong adalah istilah sunda yang artinya menyimpan tanaman muda sebelum ditanam di ladang. Wargi Bandung disediakan fasilitas belajar berkebun disini. Proses berkebun yang baik mulai dari menyemai benih sampai memetik hasil akan dijelaskan di Perkebunan Gambung Ciwidey. Disini bukan cuma diajarkan berkebun teh, berbagai sayuran buncis, cabai, kacang-kacangan maupun paprika. Pelajaran paling menyenangkan di Perkebunan Teh Gambung adalah diajari cara memetik teh yang baik dan benar, proses penimbangan teh dikebun, pelayuan, pengeringan dan penggilingan. Uniknya, disini ada perpustakaan pusat penelitian teh dan kina yang menyediakan buku sejarah teh dan kina lho. Yuk wisata kebun teh kesini!

 

Perkebunan Teh Malabar

perkebunan-teh-malabar

Perkebunan Teh Malabar memiliki sejarah yang cukup berarti. Terletak di ketinggian 1.550 mdpl, Perkebunan Teh Malabat memiliki suhu rata-rata 16-26 derajat celcius. Ada makam dan rumah peninggalan KAR Bosscha yang sudah ada sejak tahun 1894. Makan Meneer Bosscha terletak di hutan kecil tengah-tengah kebun teh. Kondisinya terawat, dikelilingi pagar dan ada tanaman coleus warna-warni menghiasi makamnya.  Oleh PTPN VIII Wisma Malabar dan Wisma Melati, rumah itu disewakan bagi wisatawan. Harganya juga cukup terjangkau.

 

Perkebunan Teh Patuha

Kebun Teh Bandung

Dataran tinggi memang tempat paling subur untuk menanam teh. Salah satunya Gunung Patuha Bandung. Gunung ini meletus abad ke-10 dan ke-12. Gunung itu fertile dan menjadi loka nan ideal buat tumbuhnya tanaman teh di punggung gunung.  Disini juga ada oleh-oleh teh khas dari perkebunan Patuha. Syahda dan aroma tehnya wangi dan menyehatkan karna diolah langsung dari sekitar Gunung Patuha.

 

Perkebunan Teh Sukawana

Perkebunan Teh Sukawana berada di Lembang. Pemandangan indah hamparan kebun teh di Lembang ini akan ditemani eksotisnya latar belakang Gunung Burangrang dan Gunung Tangkuban Perahu. Pergerakan kabut yang lumayan lebat, membuah panorama kebun teh yang indah dan berjalan dianatara hamparan kebun teh.

 

Kebun Teh Kertamanah

Kebun Teh Kertamanah tak jauh dari Pasar Pangalengan. Sebelum masuk perkebunan, ada pertigaan jalan, anda mengambil arah kiri atau masuk pintu gerbang perkebunan Kertamanah.

Dari pertigaan, jarak menuju lokasi  sekitar 5 km. Jalannya mulus dan sangat bagus untuk tea walk bersama keluarga. Dari perkebunan teh Kertamanah, Wargi Bandung akan menemukan kepulan asap yang berasal dari pembangkit listrik geo thermal. Asapnya membumbung tinggi ke udara. Asap ini seringkali terlihat dari Bandung saat pagi hari menjulang ke langit. Sekitar geo termal ada taman dan tanah lapang yang dikelilingi perkebunan teh, sangat nyaman digunakan untuk rehat.

Foto by:
mawaholiday.com
easytourbandung.com

 

Komentar

Total Komentar