- Advertisement -

CIGADUNG Berita Sepekan: 22/05/22

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – Inilah beberapa kejadian yang terjadi selama sepekan ke belakang. Tim Infobdg telah merangkum beberap informasi yang terjadi.  Berikut Cigadung Berita Sepekan.

Peparprov Jabar 2022 Segera Digelar, Yana Optimis Kontingen Kota Bandung Juara

Docs: Diskominfo Bdg

Pekan Paralympic Daerah Tingkat Provinsi (Peparprov) Jawa Barat segera digelar November 2022 mendatang. Dalam perhelatan tersebut, Kota Bandung rencananya akan menerjunkan 225 atlet paralimpiade dan 90 pelatih serta teknisi.

Optimis kontingennya akan juara, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengungkapkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah menyiapkan anggaran bonus untuk para atlet National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) yang akan berlaga.

“Perparprov di November 2022 ini kita yakin Kota Bandung bisa menjuarai. Saya juga sudah menugaskan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) untuk mulai menghitung besaran bonus. Bonus Perpaprov insyaallah bisa dicairkan bulan Desember,” beber Yana, pada acara silaturahmi bersama NPCI, Senin (16/5).

Selengkapnya: Peparprov Jabar 2022 Segera Digelar, Yana Optimis Kontingen Kota Bandung Juara

Yana Mulyana Resmikan JRX Pool & Cafe, Rumah Baru Bagi Para Pemain Biliar

Docs by Diskominfo Bdg

Ketersediaan tempat atau venue dalam bidang olahraga menjadi salah satu hal yang menentukan pengembangan dan pembinaan prestasi atlet.

Menurut Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, venue yang memadai membuat  intensitas latihan dan penyelenggaraan kejuaraan sebagai sarana untuk mencari atlet berprestasi.

Maka, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dalam hal ini kembali menambah venue olah raga di Kota Bandung, khusus untuk permainan biliar. Ia meresmikan JRX Pool & Cafe, di Jalan Kebon Kawung, pada Senin (16/5).

“Tentunya hadirnya tempat ini, menjadi tempat berlatih juga menumbuhkan bibit biliar yang baik. Bibit muda akan lahir di tempat ini,” kata Yana.

Selengkapnya: Yana Mulyana Resmikan JRX Pool & Cafe, Rumah Baru Bagi Para Pemain Biliar

Antisipasi Wabah PMK Jelang Idul Adha, Yana Mulyana Ajukan Vaksinasi Hewan Kurban

Dewasa ini, tengah marak kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan berkuku belah di Jawa Barat. Meski di Kota Bandung kasusnya belum ditemukan, namun Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tetap berupaya untuk melakukan vaksinasi pada hewan-hewan tersebut.

Hal ini dikatakan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat ditemui di Balai Kota Bandung, Selasa (17/5). Ia menyebut, pihaknya telah mengajukan vaksinasi hewan ke pemerintah pusat.

“Sebentar lagi kan Iduladha ya. Kita lagi berupaya untuk mengajukan vaksin hewan ke pemerintah pusat. Terlebih, kita tidak punya peternakan sendiri. Jadi, memang agak sulit untuk menutup jalur pengiriman dari luar kota,” beber Yana.

Untuk kebutuhan jumlah vaksinasi hewan berkuku belah, terutama yang akan dijadikan sebagai kurban, Yana menambahkan, kebutuhan vaksin hewan di Kota Bandung tergolong tinggi.

Selengkapnya: Antisipasi Wabah PMK Jelang Idul Adha, Yana Mulyana Ajukan Vaksinasi Hewan Kurban

Kelurahan Derwati Panen Raya, Hasilkan 8 Ton Padi

Kabar gembira bagi Wargi Bandung, bahwa pada Selasa (17/5), ada panen raya padi yang berlangsung di Kelurahan Derwati, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung. Panen raya padi ini menghasilkan sekitar 8 ton padi. Angka tersebut naik dari kisaran 6-7 ton padi yang biasa dipanen.

Menggembirakannya lagi, panen raya yang menerapkan pendekatan (treatment) IP400 ini meningkatkan produksi panen.

Jadi, apabila pada biasanya sebuah lahan pertanian hanya bisa ditanam dan dipanen tiga kali dalam setahun, dengan pendekatan ini, para petani bisa menanam dan memanen hingga empat kali.

Asda I Bidang Perekonomian Kota Bandung, Eric M. Attauriq menyambut positif panen raya ini. Menurutnya, ini bisa menjadi momentum terwujudnya ketahanan pangan di Kota Bandung.

“Hari ini menjadi hari bersejarah. Di tengah bangunan tinggi dan aspal beton, Kota Bandung bisa menggelar panen raya padi,” ucap Eric.

Selengkapnya: Kelurahan Derwati Panen Raya, Hasilkan 8 Ton Padi

PPDB SMA/SMK 2022 di Jabar Segera Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023 jenjang pendidikan SMA/SMK di Jawa Barat resmi dimulai per Selasa (17/5).

Pembukaan kegiatan PPDB ditandai dengan penyerahan akun kepada sekolah secara simbolis oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di SMK Negeri 2 Kota Bandung.

Gubernur memastikan, tahun 2022 merupakan PPDB paling adil secara teknis dan aspiratif, sebab mengakomodir masukan dari bawah, juga paling andal dari segi sistem digital.

“PPDB sudah dimulai, insyaallah tahun ini PPDB yang paling adil secara teknis, paling aspiratif karena bottom up, masukan dari bawah diakomodir, juga ini PPDB paling andal dengan sistem digital yang sudah siap,” kata Ridwan Kamil, saat konferensi pers dengan wartawan, Selasa (17/5).

Selengkapnya: PPDB SMA/SMK 2022 di Jabar Segera Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Bandung Akan Deklarasikan Diri Sebagai Kota Angklung, Simak Sejarahnya

Pic by Diskominfo Bdg

Bandung Kota Angklung. Nama ini akan segera dideklarasikan pada 21 Mei 2022 mendatang di Plaza Balai Kota Bandung.

Meski angklung dikenal sebagai alat musik tradisional Jawa Barat, namun memang nama angklung besar dan berkembang di Kota Bandung. Hal ini pun tak lepas dari peranan Udjo Ngalagena.

Untuk diketahui, Udjo Ngalagena merupakan pendiri Saung Angklung Udjo yang terletak di Jalan Padasuka, Kota Bandung. Saung ini menjadi salah satu destinasi wisata utama di Kota Bandung.

Saung Angklung Udjo adalah tempat yang bisa dipergunakan untuk pertunjukan, pusat kerajinan tangan dari bambu, dan workshop instrumen musik dari bambu.

Selengkapnya: Bandung Akan Deklarasikan Diri Sebagai Kota Angklung, Simak Sejarahnya

Sekda Kota Bandung Sebut Stadion GBLA Masih Sangat Layak Digunakan

Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna, saat meninjau GBLA, Kamis (19/5).

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) masih dalam kondisi layak digunakan. Hal ini dipastikan Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, usai meninjau langsung infrastruktur lapangan GBLA, Kamis (19/5).

“Berdasarkan laporan, konstruksi bangunan (Stadion GBLA) masih layak dihuni penonton (untuk menyaksikan pertandingan),” beber Ema.

Ema pun memastikan, konstruksi bangunan dan juga rumput di lapangan masih dalam kondisi yang layak digunakan.

Meski masih memerlukan perbaikan, namun ia memastikan hal itu dalam konteks minor. Artinya, perbaikan yang diperlukan tidak mengurangi kelayakan stadion untuk digunakan sebagai markas Persib Bandung.

“Kabar membahagiakan, karena fasilitasnya masih cukup terawat. Secara umum, orang masuk sini masih (merasa) layak. Tinggal dijaga saja kebersihannya,” kata Ema.

Selengkapnya: Sekda Kota Bandung Sebut Stadion GBLA Masih Sangat Layak Digunakan

Ujicoba Flyover Kopo Hingga 25 Mei, Yana Minta Rambu-Rambu Harus Memadai

Flyover Kopo

Jembatan layang atau fly over Kopo saat ini tengah dalam tahap ujicoba. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap, fly over Kopo bisa dilengkapi dengan rambu-rambu dan fasilitas lainnya agar bisa menjamin keselamatan pengguna jalan.

“Seminggu uji coba, nanti kita tanya lagi rambu-rambu dan kelengkapannya,” ujar Yana, di Balai Kota Bandung, Jumat (20/5).

Untuk diketahui, ujicoba flyover Kopo dilintasi kendaraan untuk dua arah yaitu kendaraan dari arah timur seperti dari Cibiru, Cileunyi menuju ke barat ke Bandung dan Cimahi dan sebaliknya kendaraan dari arah barat ke timur. 

Ujicoba flyover Kopo pun hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu dan tidak tiap hari. 

Selengkapnya: Ujicoba Flyover Kopo Hingga 25 Mei, Yana Minta Rambu-Rambu Harus Memadai

Intip Rangkaian Acara Deklarasi ‘Bandung Kota Angklung’ di Balai Kota Bandung, Sabtu 21 Mei 2022

Ilustrasi Angklung

Hari bersejarah bagi Kota Bandung akan terjadi pada Sabtu. 21 Mei 2022. Pada tanggal tersebut, Kota Bandung akan dideklarasikan menjadi “Kota Angklung”.

Ya, Bandung Kota Angklung akan diresmikan pada Sabtu (21/5), di Balai Kota Bandung. Akan ada banyak keseruan yang terjadi, seperti yang dibocorkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Dewi Kaniasari.

“Tanggal 21 Mei Kota Bandung bakal deklarasikan diri jadi kota angklung. Tentu hal ini didasari berbagai kajian bahwa memang sudah sepantasnya Kota Bandung menjadi kota angklung,” ujar Ibu Kenny, sapaannya kepada wartawan.

Acara rencananya akan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Akan tampil sekitar 300 pegiat angklung dalam kesemptan ini. Mulai dari pegiat angklung tingkat SD, SMP, SMA, Kabumi UPI dan Saung Angklung Udjo.

Selengkapnya: Intip Rangkaian Acara Deklarasi ‘Bandung Kota Angklung’ di Balai Kota Bandung, Sabtu 21 Mei 2022

Dan itulah rangkuman berita selama sepekan yang dirangkum oleh tim Infobdg, jaga selalu kesehatan dan keselamatan Wargi Bandung.

 

714,036FollowersFollow
2,569,493FollowersFollow
43,650SubscribersSubscribe
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img