BANDUNG, infobdg.com – Segenap anggota TNI Angkatan Darat mengadakan acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Penerangan TNI AD pada Senin (13/1), di Mapendam III/Siliwangi Jalan Sulawesi no 3, Bandung.

Dipimpin langsung oleh Kapendam III/Siliwangi, Kolonel Inf FX. Sri Wellyanto Kasih, syukuran HUT Penerangan dilaksanakan dengan sederhana sesuai perintah dari Dispenad.

“Kegiatan hari ini, kita melaksanakan syukuran HUT Penerangan TNI AD ke-69 secara sederhana, sesuai dengan perintah Kadispenad kepada satuan-satuan jajaran Penerangan TNI AD,” kata Kolonel Sri.

Hal tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya bencana alam yang melanda wilayah Jawa Barat dan sekitarnya pada awal tahun 2020 ini.

Mengusung tema Citra TNI AD Adalah Kita, Kapendam ingin menggambarkan bahwa Penerangan TNI AD adalah ujung tombak daripada satuan-satuan. Salah satu tupoksi utamanya adalah dengan mendukung seluruh kegiatan Kodam seperti program Citarum Harum.

“Kegiatan Citarum Harum di tahun kedua ini berbeda dengan saat pertama dilaksanakan. Presiden pada saat meninjau situasi kondisi longsor di Bogor dengan Kepala BPBN Letjen TNI Doni Monardo, menyarankan untuk menanam tanaman Vertiver, kita tengah fokus untuk itu,” bebernya.

Penanaman tanaman Vertiver baik untuk menahan erosi dan longsor. Vertiver sudah diterapkan sejak Citarum Harum digulirkan dan digelorakan Letjen TNI Doni Monardo, yang ditanam di bantaran sungai Citarum.

“Vertiver diawali oleh kita menanam di sepanjang bantaran sungai citarum, terbukti bisa menahan tanah atau pun erosi. Ini sudah dilaporkan ke BNPB dan Presiden, kita akan genjot lagi para dansektor untuk pelaksanaan Citarum Harum lebih masif lagi,” tandas Kolonel Sri.

Sebelumnya, Pendam III/Siliwangi juga telah melakukan ziarah bersama di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, diikuti jajaran Penerang TNI AD lainnya.