BANDUNG, infobdg.com – Jelang malam Natal, pihak kepolisian, diwakili oleh Bagian Operasional (Bag Ops) Polrestabes Bandung, melakukan deteksi dan sterilisasi terhadap 12 Gereja prioritas di Kota Bandung.

Gereja pertama yang dilakukan pengecekkan adalah Gereja Katedral yang berlokasi di Jalan Merdeka no 14. Dipimpin langsung oleh Kabagops Polrestabes Bandung, AKBP Widodo, pada Selasa (24/12) siang, pengecekan dilakukan untuk mensterilkan kondisi gereja.

“Pengecekan meliputi ruangan, lokasi-lokasi yang dipergunakan oleh jemaat maupun kepanitiaan yang lain, dan lokasi-lokasi sekitar Gereja,” beber AKBP Widodo, ditemui di Gereja Katedral, Selasa (24/12).

AKBP Widodo mengatakan, pengecekan ke seluruh ruangan di Gereja dilakukan menggunakan mirror dan metal detector. Pihaknya juga memasang pintu detector di gerbang masuk yang diawasi langsung oleh anggota.

“Pemeriksaan kita laksanakan berlapis. Pemeriksaan awal oleh kita, kemudian di dalam nanti dari pangdal. Pengamanan dalam tentu disiapkan, karena pihak Gereja yang tahu mana jemaatnya mana yang bukan, sehingga bisa lebih fokus,” pungkasnya.

Selain 12 gereja prioritas, pihaknya juga melakukan pengamanan ke 151 gereja lainnya yang ada di Kota Bandung dengan mengarahkan beberapa personil.

Demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada para jemaat yang beribadah, AKBP Widodo pun mengimbau kepada seluruh Gereja untuk membatasi akses ojek online.

“Semua transaksi bisa dilakukan di luar pagar untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan,” tandas dia.