BANDUNG, infobdg.com – Salah satu perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia, hingga saat ini terus bertransformasi menjadi super ecosystem. Keberadaanya di Indonesia selama lebih dari 10 tahun sangat berpengaruh pada pemerataan ekonomi digital, terutama di Jawa Barat.

Pengaruh Tokopedia terhadap perekonomian Indonesia salah satunya dari jumlah lapangan kerja yang berhasil diciptakan. Berdasarkan hasil riset LPEM FEB UI, selama 2018-2019 Tokopedia telah berhasil menciptakan 172.348 lapangan kerja baru dari penjual aktif Tokopedia di Jawa Barat. Sementara di Indonesia, Tokopedia berkontribusi terhadap 10,3% dari total lapangan pekerjaan baru, di mana 309 ribu di antaranya bahkan menjadikan Tokopedia sebagai sumber penghasilan utama.

“Kami selalu berusaha relevan dengan kebutuhan masyarakat melalui berbagai inisiatif di tingkat lokal, demi mempermudah seluruh masyarakat Indonesia, termasuk di Bandung, Jawa Barat, baik dalam menciptakan peluang maupun mencapai lebih,” ungkap External Communications Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, dalam jumpa pers yang digelar Kamis (19/12), di Bandung.

Di Jawa Barat, khususnya di Bandung, Tokopedia menghadirkan beberapa inisiatif lokal seperti Tokopedia Center, Mitra Tokopedia, dan Tokopedia Corner.

Tokopedia Center merupakan experience center yang menghadirkan pengalaman berbelanja secara O2O, pun berperan sebagai pusat edukasi digital yang membantu para pegiat UMKM mengembangkan usaha mereka bersama Tokopedia. Sementara Mitra Tokopedia merupakan sebuah ekosistem untuk mempermudah pemilik warung, toko kelontong, dan usaha sejenis lainnya dalam mengembangkan bisnis melalui pemanfaatan teknologi.

Terakhir adalah Tokopedia Corner, yang hadir sebagai bentuk kerja sama Tokopedia dengan berbagai universitas untuk membantu mahasiswa, dosen, dan karyawan untuk menciptakan peluang lewat pemanfaatan teknologi, serta menikmati berbagai kemudahan seperti program gratis ongkos kirim dan pengambilan barang. Saat ini, Tokopedia Corner Bandung hadir di Universitas Pendidikan Indonesia, Telkom University, Universitas Widyatama, Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan Universitas Kristen Maranatha.

Selain itu, Tokopedia juga konsisten dalam mendorong kreator lokal. Di wilayah Jawa Barat khususnya, jumlah penjual Tokopedia mengalami peningkatan sebanyak 93% dari tahun 2018 hingga 2019. Tingkat penjualan dari Jawa Barat ke provinsi lain mencapai 53%.