BANDUNG, infobdg.com – Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, akan memperpanjang kerja sama Pemerintah Kota Bandung dengan Pemerintah Kota Kawasaki, Jepang.

Sebelumnya, Bandung dan Kawasaki telah menjalankan kerja sama selama tiga tahun terakhir di bidang pengelolaan sampah. Yana mengatakan, pihaknya akan memperbarui kerja sama antar kedua kota ini terkait dengan pengolahan sampah dan air limbah untuk mendukung Citarum Harum.

Foto : Humas Kota Bandung

Menurut Direktur Umum PD Kebersihan Kota Bandung, Gungun Saptari Hidayat, kerja sama ini juga dilakukan demi membangun kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah sejak dari sumber, pengelolaan sampah di sektor komersial, pengelolaan TPS, hingga peningkatan action plan.

“Kali ini akan dibahas rencana perpanjangan kerja sama yang akan difokuskan pada bantuan pengolahan air limbah yang sejalan dengan program Citarum Harum. Salah satu spot yang diusulkan adalah Sungai Cipamokolan,” tutur Gugun, saat ditemui pada Rabu (30/1), di Balaikota Bandung.

Untuk membahas kerja sama ini, Yana akan berangkat ke Jepang. Yana pun turut didampingi oleh perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, PD Kebersihan, Bappelitbang, Pakar Pengelolaan Sampah, dan perwakilan masyarakat.

Foto : Humas Kota Bandung

“Kami akan menindaklanjuti kerja sama dengan Kawasaki yang telah membantu capacity building di Kota Bandung dalam hal pengelolaan sampah,” terang Gugun.

Rencananya, Yana beserta rombongan akan berangkat ke Kawasaki, Jepang, pada Minggu (3/2) mendatang, dan kembali ke Bandung pada Sabtu (9/2).

Di Jepang, Yana akan bertemu dengan Wali Kota Kawasaki. Yana juga akan menjalani agenda-agenda seperti kunjungan ke pusat pengomposan, kunjungan ke lokasi penanganan pengumpulan sampah di pusat pertokoan, serta berpartisipasi dalam Kawasaki Internasional Eco-Tech Fair dan Eco-Business Forum.

Selama menjalani agenda, Yana akan mengajak perwakilan masyarakat agar dapat melihat secara langsung proses pengelolaan sampah dengan baik. Harapannya, dengan ini perwakilan masyarakat bisa mengaplikasikan dan membagikannya dengan masyarakat lain saat sampai di Kota Bandung.

“Perwakilan masyarakat pun diajak dari Balonggede dan Mengger karena mereka telah mengelola sampah dengan baik. Mereka bisa melihat langsung pengelolaan sampah di Kawasaki dan diharapkan dapat membagikannya kepada masyarakat lainnya saat kembali ke Bandung,” tandas Gungun.