Pendidikan Indonesia Akan Lebih Maju Dengan Tiga Pilar Pendidikan

168

BANDUNG, infobdgcom – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengatakan, pendidikan di Indonesia akan lebih maju jika menyelaraskan tiga pilar pendidikan, yaitu keluarga, sekolah, dan media massa.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat atau BKLM Kemendikbud RI, Ade Erlangga menyebut, keluarga menjadi pilar yang pertama, karena orangtua yang mengetahui perubahan transformasi nilai yang harus dimiliki oleh anak.

“Peranan orangtua itu sangat penting dalam proses transformasi nilai yang harus dimiliki oleh anak-anak itu, makanya peranan orangtua itu sebagai orang yang di luar anak tersebut dan juga adanya sosialisasi yang dibentuk atau dipengaruhi oleh keluarga,” sebut Ade di Bandung, Sabtu (23/11).

Pilar kedua adalah sekolah, ucap Ade, ada guru, teman-teman bermain, kepala sekolah. Peranan penting itu adalah guru. “Guru itu harus bisa punya kemampuan men-attach terhadap anak didik, bisa mengajarkan tentang nilai, mengajarkan tentang pengetahuan, sikap, dan juga perilaku. Dan yang penting juga pembentukan karakter dari anak untuk ke depannya,” ucapnya lagi.

Pilar terakhir adalah media massa, menjadi pilar pendidik terbesar selain 2 pilar yang sebelumnya. Karena media massa punya peranan yang sangat besar untuk pembentukan opini publik. Maka dari itu, media harus bisa membantu merekonstruksi ulang apa yang harus di bangun, yaitu paling utama adalah dalam pendidikan.

“Media menjadi pilar yang sangat penting. Karena media massa bisa membawa dunia pendidikan ke arah yang lebih maju lagi,” pungkasnya.