PANGANDARAN, infobdg.com – Wargi Bandung merasa penat dengan rutinitas sehari-hari? Mungkin ini saatnya Wargi Bandung untuk berlibur menikmati pantai, melepas semua stress. Salah satu pilihan pantai yang tim Infobdg rekomendasikan kali ini adalah Pantai Pangandaran, Jawa Barat.

- Advertisement -

Pantai Pangandaran terletak di Desa Pananjung, Kabupaten Pangandaran. Jaraknya sekitar 90 KM dari Kota Ciamis. Pantai ini sangat cocok bagi Wargi Bandung yang memiliki hobi fotografi karena memiliki banyak sekali spot landscape yang menarik.

Sebelum mengunjungi pantai ini, Wargi Bandung wajib mengetahui dulu 5 fakta menarik tentang Pantai Pangandaran. Berikut tim Infobdg sajikan rangkumannya.

1. Bentuk Pantai Memanjang

Pantai Pangandaran memiliki hamparan pantai yang memanjang. Tak tanggung-tanggung, panjang pantainya pun mencapai 91 km. Di pantai yang panjang ini, Wargi Bandung tentunya bisa menikmati sunrise dan juga sunset.

2. Terdapat Goa Jepang di Kawasan Cagar Alam

Pantai Pangandaran memiliki kawasan cagar alam loh, Wargi Bandung! Apabila ke sini, Wargi Bandung bisa bertemu langsung dengan binatang-binatang yang dilindungi, mulai dari rusa hingga monyet. Selain itu, di kawasan ini pun terdapat sebuah goa yang bernama Goa Jepang. Goa ini telah dibangun sejak masa penjajahan Jepang. Uniknya, sampai hari ini goa tersebut belum pernah di renovasi, sehingga keasliannya masih sangat nampak.

3. Menjadikan Bangkai Kapal Ilegal Fishing Sebagai Monumen

Pada 2016 lalu, ada sebuah kapal MV Viking Lagos yang digunakan oleh para pelaku ilegal fishing. Kapal tersebut sempat menjadi buronan pihak Interpol sebelum akhirnya tertangkap dan diledakan. Kini, bangkai kapal MV Viking Lagos sudah dalam keadaan terbalik di perairan Bantu Mandi Pantai Barat Pangandaran. Kondisi tersebut dimanfaatkan sebagai daya tarik wisata.

4. Memiliki Spot Pasir Putih

Ini dia yang paling favorit, kawasan Pantai Pasir Putih Pangandaran. Pasir putih yang terhampar luas di spot ini membuat suasana seakan berada di Pulau Dewata Bali. Di sini, Wargi Bandung bisa bermain pasir, berfoto, bermain air, berenang, bahkan snorkling. Air pantainya sangat bening dan jernih yang tentunya dapat memudahkan kita melihat terumbu karang dibawahnya. Spot ini pun sangat dekat dengan monumen bangkai kapal MV Viking Lagos.

Untuk bisa sampai ke spot ini, Wargi Bandung bisa melewati jalur Cagar Alam. Malas berjalan kaki? Tak usah khawatir, karena Wargi Bandung bisa menggunakan jasa perahu dengan harga yang relatif murah untuk sampai ke Pantai Pasir Putih ini.

5. Segera Menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menargetkan pembenahan fasilitas Pantai Pangandaran sesuai desain Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Nantinya, akan ada taman terbuka yang dibangun di lokasi lahan milik Dinas Sosial Provinsi sebagai muka KEK yang ada di Grand Pangandaran.

Itulah 5 poin dari sekian banyak fakta yang dimiliki Pantai Pangandaran di Jawa Barat. Setelah mengetahuinya, Wargi Bandung pasti sudah gak sabar kan untuk liburan ke sini?