BANDUNG, infobdg.com – Target Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung dalam mencetak 102.000 keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) telah terpenuhi.

Pihak Disdukcapil Kota Bandung telah menitipkan E-KTP yang telah tercetak ke kecamatan, untuk selanjutnya didistribusikan oleh masing-masing RT dan RW. Kini, Wargi Bandung pemegang Suket (Surat Keterangan) sudah bisa menukarnya dengan fisik E-KTP.

“Kami telah menuntaskan percepatan pencetakan E-KTP bagi PRR (print ready record), pemegang Suket sebanyak 102.000 keping,” beber Kadisdukcapil Kota Bandung, Popong Nuraeni, Senin (17/2).

Sebanyak 102.000 keping E-KTP yang telah tercetak merupakan jumlah diluar pemohon yang baru merekam, hilang, rusak, dan ganti elemen data. Popong memastikan, pihaknya akan segera menyelesaikan sisanya dalam waktu 1 minggu ke depan.

Saat ini, masyarakat Kota Bandung dapat mengecek status pencetakan E-KTP dengan membuka menu “pencetakan KTP-el” pada website Disdukcapil Kota Bandung (http://disdukcapil.bandung.go.id). 

Pemohon dapat melihat daftar E-KTP sesuai dengan domisili kecamatan dan kelurahan masing-masing. Jika sudah mengetahui status pencetakan E-KTP, pemohon dapat mendatangi kecamatan domisili masing-masing untuk mengambil fisik E-KTP. 

Khusus untuk pemohon yang melakukan perekaman di Gerai Pelayanan Istimewa (Geulis) Festival Citylink ataupun BTC Fashion Mall, dapat diambil di lokasi Geulis sesuai tempat perekaman. Di luar itu, Popong mengungkapkan, masih ada sekitar 12.000 penduduk tersebar di seluruh kecamatan yang belum meakukan perekaman, jumlah diantaranya merupakan usia pemula, 17 tahun. 

Bagi masyarakat pemula yang belum melakukan perekaman, Popong mengimbau untuk segera melakukannya di kecamatan sesuai domisili masing-masing, ataupun di Geulis yang berada di Festival Citylink atau BTC Fashion Mall. Warga juga bisa mendatangi program Mepeling (pelayanan keliling) yang sudah terjadwal, jadwalnya bisa dilihat melalui media sosial disdukcapil (@disdukcapilbdg).