BANDUNG, infobdg.com – Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Pelajar Fourteenagers Open Championship 2020 di Kota Bandung mulai digelar pada 13-15 Februari, di Universitas Sangga Buana YPKP, Jl PH. H. Mustofa No. 68. Kegiatan ini memperebutkan Piala Bergilir Wali Kota Bandung.

Acara ini diresmikan langsung oleh Rektor Universitas Sangga Buana YPKP, Dr. H. Asep Effendi, SE., MSi., dan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Dalam sambutannya, Rektor Asep menyatakan rasa bangganya sebab kini pencak silat, sebagai salah satu kebudayaan Indonesia, telah mendapat pengakuan internasional.

“Kita sadar dan bangga, ini merupakan perjalanan panjang kita mendapatkan pengakuan internasional sebagai salah satu kebudayaan yang harus kita lestarikan,” ujar Asep, Kamis (13/2).

Asep sangat mendukung gelaran kejuaraan pencak silat yang diadakan di USB YPKP ini. Ia pun mengatakan, pihaknya akan memberikan beasiswa kepada 10 pelajar yang meraih prestasi dalam kejuaraan ini.

“Kami akan luncurkan untuk kejuaraan ini lebih kurang 10 beasiswa dengan nilai 500 juta rupiah. Jadi mereka akan kuliah di sini gratis,” bebernya.

Hal ini menurutnya akan menciptakan insan yang berprestasi dalam bidang olahraga, serta didampingi kualitas akademik yang bersertifikat sarjana.

“Penerima beasiswa bebas mau memilih jurusan, apa kita bebaskan mereka untuk memilih,” pungkas Asep.

Selaras dengan Rektor Asep, Wali Kota Bandung Yana Mulyana berharap, gelaran ini akan melahirkan atlet-atlet muda berbakat yang bisa turut mengharumkan nama Kota Bandung.

“Mudah-mudahan semakin banyak lahir atlet-atlet yang berbakat untuk bisa mengikuti nanti single event ataupun multi event tingkat regional nasional bahkan internasional,” tandasnya.