BANDUNG, infobdg.com – Operasi Cabut Pentil bagi para pelanggar parkir di kota Bandung resmi digelar hari ini, Jumat (16/11). Operasi ini dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari Dishub, Satpol PP, Satlantas Polrestabes Bandung, dan TNI.

Sebelum operasi dimulai, seluruh tim melaksanakan apel gabungan di Mapolretabes Bandung yang langsung dipimpin oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, Kapolrestabes Bandung, Kombes Irman Sugema, serta Kasdim 0618/BS Kota Bandung, Letkol Inf Momon Nuryaman.

Wali Kota Bandung yang akrab disapa Mang Oded mengatakan, pencanangan cabut pentil yang digelar hari ini merupakan upaya-upaya dari Pemerintah Kota Bandung untuk meminimalisir kemacetan. Menurutnya, parkir liar merupakan satu dari sekian banyak variabel yang sering menimbulkan kemacetan di kota Bandung.

“Menurut kajian-kajian yang ada bahwa salah satu dari sekian banyak variabel yang membuat Bandung itu macet adalah ketika masyarakat sembarangan parkirnya,” kata Mang Oded saat ditemui usai apel gabungan di Mapolertabes Bandung.

Mang Oded berharap, dengan diadakannya operasi ini dapat membuat masyarakat mengetahui peraturan baru di kota Bandung, yakni cabut pentil bagi parkir-parkir liar di ruas jalan utama.

Sementara itu, Kombes Irman menjelaskan, titik-titik yang menjadi lokasi kegiatan Operasi Cabut Pentil hari ini akan dikoordinasikan secara teknis. “Kita akan koordinasikan secara teknis, kalau disitu memang ada larangan parkir tapi ada yang parkir, tentu bisa ditindak,” jelas Irman.

Jalan R.E. Martadinata (Jalan Riau) merupakan lokasi pertama Operasi Cabut Pentil oleh tim gabungan. Tim menemukan tiga kendaraan roda 4 yang parkir liar dan langsung menindak tegas dengan melakukan cabut pentil (penggembosan ban) dan penempelan stiker. Wali Kota Bandung Oded M. Danial, Wakil Walikota Bandung, H. Yana Mulyana, serta Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema, juga turut serta dalam operasi di titik lokasi pertama ini.

Selanjutnya, hari ini tim gabungan masih akan menggelar Operasi Cabut Pentil ke titik-titik lokasi lain di kota Bandung. Jadi, bagi Wargi Bandung yang akan berkendara, jangan parkir sembarangan di jalan raya.