BANDUNG, infobdg.com – Rudy Gunawan dan Helmy Budiman resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Garut periode tahun 2019 – 2024 oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada Rabu (23/1), di Aula Barat Gedung Sate Bandung. Pelantikan tersebut berdasar pada surat Kepmendagri No131.32-439 tahun 2019 tentang pengangkatan Bupati Garut.

Periode ini merupakan kali kedua pasangan Bupati Garut terpilih. Oleh karena itu, Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jawa Barat, mengharapkan Rudy Gunawan dan Helmy Budiman dapat membawa Garut menjadi kabupaten terbaik yang bisa dijadikan contoh di Jawa Barat. Emil menilai pasangan tersebut telah memiliki pengalaman dalam kepemimpinannya. Hal tersebut tentunya membuat bupati dan wakilnya tidak perlu beradaptasi lagi dan akan langsung bekerja mewujudkan visi dan misinya.

“Mereka punya pengalaman yang luar biasa karena sekarang periode kedua. Saya titipkan di periode kedua ini Garut harus jadi Kabupaten terbaik,” tutur Emil, saat ditemui usai pelantikan.

Emil berpesan Pemda Garut harus berlandaskan pada tiga hal, yakni integritas, pelayanan, dan profesionalitas. “Saya menitipkan agar Bupati Garut menjadi teladan bagi rakyatnya, saya selalu sampaikan tentang tiga hal yaitu jaga intergritas, melayani, dan profesionalitas,” pesan Emil. 

Menurut Emil, Garut memiliki keistimewaan tersendiri, terutama dalam potensi wisatanya. Hampir seluruh keindahan alam bisa ditemui di Kabupaten Garut yang dijuluki “Swiss van Java” ini. Oleh karenanya, Emil meminta sektor pariwisata jadi salah satu prioritas yang dikolaborasikan, tentunya dengan Pemprov Jabar, di periode kepemimpinan Bupati Garut sekarang.

“Dari semua daerah, Garut adalah kabupaten paling lengkap potensi pariwisatanya dan kami lihat sendiri waktu naik kereta bersama Presiden banyak melewati keindahan alam,” ucap Emil.

Dalam lima tahun ke depan, Emil optimis perekonomian Garut akan meningkat pesat, terlebih proyek tol Cigatas yang rencananya akan sampai ke Banjar akan mulai tahap pembangunan. “Saya yakin dalam lima tahun akan meningkat pesat apalagi rencana pusat membangun tol Cigatas yang akan sampai Banjar.Tugas daerah hanya memastikan proyek ini lancar kalau dana dari pusat dan investasi,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Garut terpilih, Rudy Gunawan mengatakan, menanggapi Garut sebagai kabupaten wisata terbaik di Jawa Barat, pihaknya akan mengupayakan agar tak hanya wisatawan lokal saja yang datang, tapi juga internasional.

“Kami menginginkan yang dapat itu bukan wisatawan nusantara saja, tapi juga wisman,” ucap Rudy, saat ditemui usai pelantikan.

Untuk merealisasikannya, Rudi menambahkan, akan mengoptimalkan lahan-lahan yang ada, serta memaksimalkan dana batuan yang akan diberikan Pemprov Jabar untuk pembangunan.

“Kami mendapatkan uang 30 miliar dari gubernur, rancangannya juga dari beliau. Hanya saja bentuknya belum pasti karena desainnya masih berubah-ubah dan idenya yang masih disempurnakan,” paparnya.