BANDUNG, infobdg. com – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat, Kejaksaan Tinggi Negeri Jawa Barat, serta Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui dinas pendidikan bersinergi dan bekerja sama dalam program penguatan pemahaman hukum dalam pengelolaan pendanaan pendidikan di sekolah yang dikukuhkan pada Rabu (23/1) pagi, di aula Ki Hadjar Dewantara Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jalan dr. Radjiman, Bandung.

Acara tersebut dihadiri oleh Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dewi Sartika, perwakilan Kejaksaan Tinggi Negeri Jawa Barat, pejabat-pejabat Polda Jawa Barat, pejabat-pejabat Dinas Pendidikan Jawa Barat, para Ketua MKPS dan MKKS tingkat SMA/SMK Negeri se-Jawa Barat, serta perwakilan Kepala Sekolah SMA/SMK Negeri se-Jawa Barat.

Sesuai dengan penuturan Kapolda Jawa Barat, Agung Budi Maryoto mengatakan, pihaknya ingin memberikan pemahaman terkait hukum, terutama di bidang pendanaan pendidikan di sekolah.

“Memberikan pemahaman kalau dari kepolisian tentu banyak ya, aspeknya kamtibmas, mulai dari pemahaman tentang radikalisme, kemudian terorisme, narkoba, dan berkaitan dengan tindak pidana di bidang korupsi di lingkunganDdinas pendidikan yang sering terjadi,” tutur Agung, saat ditemui usai acara.

Agung menekankan bahayanya tindak pidana korupsi di dunia pendidikan yang ia rasa sering terjadi saat ini. Agung pun mengimbau agar pemerintah daerah bisa lebih konsen dalam hal tersebut.

Selain itu, Ia berharap dengan diadakannya program penguatan pemahaman yang di berikan oleh pihak kepolisian dan kejaksaan ini dapat memberikan pemahaman hukum dalam pengelolaan pendanaan pendidikan, terutama pada para kepala sekolah, khususnya di Jawa Barat.

“Dengan pemahaman secara komprehensif dari kepolisian, dari kejaksaan, rekan-rekan para kepala sekolah dan para guru akan paham, sehingga dalam mengurus tata kelola keuangan itu dilaksanakan secara benar,”

Agung pun mengingatkan para tenaga didik untuk melaksanakan program ini untuk kemajuan sekolah dan anak-anak didiknya, serta turut mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin.