BANDUNG, infobdgcom – Berdasarkan surat telegram dari Kapolri bernomor ST/1008/III/KES.7/2020 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, kepolisian di dalam wilayah hukum Polda Jawa Barat melaksanakan penyemprotan desinfektan secara serentak, Selasa (31/03).

Kepala Biro Operasi Polda Jabar Kombes Pol Stephen M Napiun menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka Operasi Aman Nusa II, serta sesuai dengan instruksi presiden dan juga maklumat kapolri.

“Ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman, sehingga masyarakat yang bekerja dari rumah ataupun yang terpaksa harus keluar, tetap merasa nyaman dan aman,” tuturnya.

Dalam kondisi saat ini masyarakat tetap melakukan social distancing ataupun physical distancing (person-to person) guna mencegah penyebaran virus Covid-19 di wilayah Jawa Barat. Termasuk juga menjaga budaya hidup sehat.

Kita berharap Indonesia memiliki tiga keuntungan dalam kondisi seperti ini. Indonesia bukan negara atau wilayah yang pertama mengalami, sehingga kita bisa mengantisipasi hal-hal ke depan. Indonesia masih memiliki sinar ultraviolet yang cukup dan diharapkan bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Terakhir, Indonesia merupakan negara kepulauan, dengan demikian virus corona tidak menyebar ke seluruh wilayah, lanjut Kepala Biro Operasional Polda Jabar ini.

“Kita, di Jawa Barat, yang memiliki penduduk lebih dari 51 juta, harus benar-benar fight dengan ini, sesuai dengan arahan gubernur dan gugus tugas penanganan Covid-19 di daerah, untuk kepentingan kemanusiaan,” pungkasnya.