BANDUNG, infobdg.com – Dalam rangka mensukseskan program “Polri Peduli Penghijauan”, pagi tadi, Jumat (10/1), Polrestabes Bandung bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkompimda) melakukan penanaman serentak di lingkungan markas komando Polrestabes Bandung.

Sebanyak 2,302 batang pohon jenis tanaman keras dan produktif ditanam. Penanaman akan dilanjutkan di polsek-polsek yang berada di wilayah Polrestabes Bandung.

Foto: Humas Polrestabes Bandung

Kabag Sumda Polrestabes Bandung, AKBP Mahmud mengatakan, penanaman pohon serentak di lahan-lahan yang kosong dilakukan sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap penghijauan dan bagian dari upaya mengantisipasi bahaya banjir.

“Sasaran lokasi penanaman di lahan kosong sekitar Markas Komando Polrestabes Bandung dan Polsek serta asrama Polri yang memungkinkan bisa ditanami,” ujarnya, seusai acara penanaman di area Mapolrestabes Bandung.

Berdasarkan perintah Mabes Polri, ia mengatakan kegiatan penanaman tidak hanya sebatas simbolis, namun tanaman harus berdaya dan bermanfaat. Menurutnya, tanaman yang ditanam berjenis tanaman keras seperti mahoni, bintaro, dan tanaman produksi seperti mangga, sawo, dan rambutan.

“Jika bertahan lama, (tanaman) produksi bisa dimanfaatkan oleh anak cucu kita khususnya penghuni asrama (mako),” ungkapnya.

Foto: Humas Polrestabes Bandung

Kabag Sumda mengatakan, jumlah batang pohon yang ditanam di Mapolrestabes Bandung mencapai 2.302. Selanjutnya, penanaman akan dilanjutkan di masing-masing polsek. Sebelum penanaman kali ini dilaksanakan, pihaknya bersama Pemkot Bandung telah menanam 15.000 pohon pada November hingga Desember 2019 lalu.

Pihaknya tidak menutup kemungkinan akan melakukan penanaman pohon di area lahan kosong yang berada di jalan raya. Ia mengatakan, langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu mengecek lahan yang bisa ditanami berkoordinasi dengan Pemda Kota Bandung.

“Tim patroli akan lihat kalau bisa ditanami akan ditanami, stok masih ada 500 batang bibit siap tanam sumbangan dari KPA Bandung Selatan,” pungkasnya.