- Advertisement -

Motor Rasa Sedan, Motor Listrik Yamaha E01 Akankah Seharga Nmax?

Berita Lainnya

BANDUNG, Infobdg.com – Kamis kemarin (12/1/2023) Mimin berkesempatan untuk nyicipin Motor Listrik dari Yamaha yaitu Yamaha E01. Uniknya motor ini diberi tagline “Full Gass Poll!, Without Gasoline”. Secara tagline memang menjanjikan sih ya, karena motor listrik kebanyakan yang sudah mimin cobain agak kurang enak dipakai untuk gaspol harian. Bagaimana dengan Yamaha E01?

Yamaha E01 pertama kali diperkenalkan pada ajang IIMS 2022 di Jakarta, beberapa bulan setelahnya PT. Yamaha Indonesia Motor (YIMM) membuka program peminjaman motor listrik ini mulai November 2022. Indonesia sendiri hanya tersedia 20 unit saja untuk test drive, unitnya tersebar di empat kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Medan dan Bali.

Gimmick meminjamkan unit ini bukan sekedar test ride, ternyata PT. YIMM sedang melakukan riset lapangan dengan target konsumen sebanyak 4.000 orang sebelum motor ini resmi diluncurkan. Telihat jelas selama kurung waktu 2022 hingga 2023 masih masa riset agar motor ini pas dan sesuai dengan apa yang diinginkan masyarakat Indonesia pada motor listrik. Yah, mimin termasuk yang beruntung sih bisa ikutan nyobain motor ini.

 

FITUR

Ketika dijelaskan selagi diatas motor, Yamaha E01 mempunya 3 mode riding, Yaitu ECO, STD dan SPORT. Mode ECO adalah mode yang dapat digunakan untuk menghemat baterai berkendara dalam kondisi lowbat atau kondisi bepergian dengan jarak agak jauh, dimana pada kondisi ini akselerasi dan kecepatan maksimal 68km/jam.

Mode STD sudah sangat responsive pada akselerasi, kecepatan juga naik maksimal menjadi 90 km/jam. Sedangkan Mode SPORT adalah mode yang paling gaspol dengan kecepatan hingga 107 km/jam. Mode SPORT ini juga cocok untuk kondisi jalan yang menanjak, apalagi kondisi jalan di Bandung banyak tanjakan, cocok banget deh!

Perpindahan Mode ini bisa dilakukan sambil riding, dengan cara menutup tuas gas dan menekan tombol pada saklar kiri. Sesimple itu untuk akselerasi dari ECO menuju SPORT Gaspol!

Yamaha E01 juga sudah dilengkapi dengan Keyless yang sekilas mirip seperti kepunyaan Nmax maupun Motor Keyless Yamaha lainnya. Pengoperasiannya juga sangat mirip, hampir tidak ada pembedanya. Perbedaannya terletak pada tombol dibawah Knob Keyless, yang biasanya bertuliskan Fuel untuk membuka penutup bensin, berubah bertuliskan Charge yang berfungsi untuk membuka cover port charging pada bagian tameng depan Yamaha E01.

Bagasi luas hingga portable charger dapat dibawa didalam dengan posisi mengunci dan tidak akan membuat suara gredek pada bagasi.

Fitur lain yang wajib dimiliki sebuah motor flagship seperti Traction Control System (TCS), Anti-Lock Braking System (ABS) dual channel sudah lengkap di motor ini.

Yang kerennya, Yamaha E01 dilengkapi fitur Regenerative Brake yaitu mengubah energi panas gesekan rem menjadi daya listrik buat baterai secara otomatis. Fitur pada Yamaha E01 berfungsi sebagai engine brake pada motor konvensional. Hasilnya motor ini memberikan efek deselerasi yang sangat halus ketika gas ditutup.

Test Ride

Yamaha E01 electric vehicle EVKesan pertama ketika duduk pada Yamaha E01 adalah joknya yang sangat empuk layaknya sofa berjalan, walaupun sekilas dari jauh dan sisi samping, jok motor ini terlihat tipis. Setelah duduk, sangat terasa mewah dengan material busa yang sangat baik dan super enak! Posisi tinggi ketika riding ternyata sangat bersahabat karena terasa lebih rendah dari Nmax.

Posisi riding ketika tangan sudah pada stang sangat nyaman, hampir tidak bisa membedakan feel ketika menggunakan Yamaha Nmax. Bobotnya ketika menurunkan motor ini dari posisi standar dua juga tidak seberat Xmax.

Yamaha E01Pada bagian suspensi, Yamaha E01 menggunakan dua shockbreaker dibagian belakang, yang unik posisinya lebih mendekati Center, sebelumnya Mimin sempat meragukan keberadaan posisi shockbreaker ini. Namun setelah mencoba dan mengendarai ternyata Enak Pisan! Jadi kepengen deh seandainya Nmax mimin punya feel empuk seperti motor ini. Terbaik dan ga ada obat deh kombinasi Jok Empuk dan Suspensi racikan Jepang ini!

Seperti motor listrik lainya, nyaris tidak bersuara karena tidak ada knalpot seperti motor konvensional, hanya terdengar sangat kecil bunyi dinamo ketika pada mode Sport. Hal yang menarik adalah ketika Gas dibetot akselerasi sangat halus tidak menghentak maupun ngagetin. Sangat responsif dan bertenaga layaknya motor konvensional, bahkan dengan menarik cepat gas pada motor ini langsung merasakan sensasi gaspol pada mode Sport

Kesimpulan

Yamaha E01 electric vehicle EVOverall motor ini menurut mimin sudah siap tebar pesona dengan segala fitur dan kenyamanannya. Posisi riding enak, bisa selonjoran touring, baterai cukup mumpuni, akselerasi gaspol, fitur canggih berlimpah dan lainnya yang membuat mimin ingin segera meminangnya.

Namun apa daya, Yamaha masih belum bisa memastikan kapan motor ini bisa diproduksi masal dan dipasarkan di Indonesia. Dari survey yang dilakukan, terlihat jelas bahwa Yamaha masih ingin mengetahui bagaimana Harga, Kenyamanan, After sales, Baterai, Jarak tempuk dan lainnya masih menjadi pertimbangan agar motor ini bisa mengaspal secara luas. Terutama dari kesiapan regulasi dari Pemerintah.

Ketika ditanya berapa harga Yamaha E01? Yamaha Jabar masih malu-malu untuk curhat. Prediksi mimin range harga motor ini diatas Nmax atau sekitar 35 hingga 40 juta, dan seharusnya dibawah harga New Xmax 2023 yaitu dibawah 60 jutaan.

Harga yang sangat rasional untuk mengejar pasar Nmax dengan sensasi motor listrik Full Gaspoll, Without Gasoline!

 

 

714,036FollowersFollow
2,610,561FollowersFollow
43,650SubscribersSubscribe
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img