BANDUNG, infobdg.com – Demi mendukung perkembangan ekonomi umat di Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) bekerja sama dengan BNI Syariah melalui program MESRA (Pembiayaan Masjid Sejahtera), One Village One Hafidz, dan program Rumah Sehat.

Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama ini diwakili oleh Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil, serta Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo, bersamaan dengan Grand Launching Relokasi BNI Syariah Kantor Wilayah dan Cabang Bandung pada Selasa (13/11), di Jalan Asia Afrika no 174, Bandung.

Seperti yang dikatakan Dirut BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo, bahwa kerja sama yang dijalin antara Pemprov Jabar dengan BNI Syariah meliputi tiga program, yakni MESRA (Pembiayaan Masjid Sejahtera), One Village One Hafidz, serta Rumah Sehat. Menurutnya, kerja sama dengan pihak Pemprov Jabar merupakan peluang yang sangat besar dalam rangka membangun ekonomi syariah di Indonesia.

“Saya pikir ini sebuah peluang yang sangat besar. Momen ini kita jadikan dalam rangka membangunan ekonomi syariah di Indonesia melalui kerjasama dengan Pemprov Jabar dengan program-program yang kita tawarkan dan beliau menerima,” kata Abdullah saat ditemui usai acara Grand Launching Relokasi BNI Syariah pada Selasa (13/11) siang, di BNI Syariah cabang Asia Afrika, Bandung.

Program MESRA atau Pembiayaan Masjid Sejahtera adalah program pembiayaan bagi masyarakat kurang mampu melalui pemberdayaan dan manajemen masjid berupa dana pinjaman. Nantinya, penerima dana berkewajiban menyicil yang mana dana tersebut akan digulirkan kembali kepada masyarakat lain yang membutuhkan modal usaha.

Program selanjutnya, yakni One Village One Hafidz. Program ini bertujuan untuk menguatkan karakter umat dengan mencetak generasi-generasi penghafal Quran di kota-kota se-Jawa Barat. Program ini juga bekerja dengan Yayasan Daarut Tauhid (DT) dimana santri-santri binaan DT akan mengajarkan ilmu agama dan kemandirian ekonomi umat di daerah Jawa Barat.

Terakhir, program di bidang kesehatan yakni Rumah Sehat. Bekerja sama dengan Dompet Dhuafa, program Rumah Sehat berupa pembangunan Rumah Sakit Dhuafa yang memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu melalui fundraising di program Wakaf Hasanah.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, diresmikannya kerja sama dengan BNI Syariah melalui program MESRA, One Village One Hafidz, serta Rumah Sehat ini merupakan contoh kolaborasi terbaik antara Pemerintah Jawa Barat dengan swasta yang mendukung Jabar Juara Lahir Batin.

“Ini bagian dari terjemahan Jabar Juara Lahir Batin mengajak mitra-mitra mengambil peran aktif,” kata Kang Emil.

Kang Emil menambahkan, pihaknya berharap dalam lima tahun kedepan program-program yang dikerjasamakan dapat terealisasi dengan baik dan saling menguntungkan.

“Targetnya mah 5 tahun harus saling menguntungkan. Bisnis BNI Syariah maju, kebutuhan warga Jawa Barat juga dibantu,” tambahnya.