BANDUNG, infobdg.com – Branding “Little Bandung” semakin terkenal di berbagai negara. Melalui Little Bandung, kota Bandung memperkenalkan sekaligus mempromosikan produk-produk unggulan khas Bandung. Setelah eksis di sejumlah negara Asia dan Eropa, kini Little Bandung juga hadir di kota Makasar.

Sejak tahun lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus mendorong produk-produk yang dihasilkan warga Bandung agar dapat menembus pasar global lewat program Little Bandung. Little Bandung merupakan merek atau brand kota Bandung berupa toko maupun media (katalog atau wall) yang bertujuan untuk mempromosikan produk-produk kota Bandung di luar kota maupun mancanegara dalam bentuk kerajinan, makanan ringan, hingga fashion dengan mengembangkan seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), khususnya yang ada di kota Bandung.

Seperti yang dikatakan Guntara dari Dinas Usaha Mikro dan Fasilitasi UKM Kota Bandung dalam gelaran “Bandung Menjawab” pada Selasa (13/11) pagi di Taman Sejarah, Balai Kota Bandung, Little Bandung sampai saat ini sudah berdiri di berbagai kota di luar negeri seperti Belgia, Petaling Jaya, Malaysia, Paris, dan Seoul, Korea Selatan. Di wilayah Indonesia sendiri, Little Bandung kini hadir di Nipah Mall, Makasar, Sulawesi Selatan.

Little Bandung Store di Nipah Mall Makasar diresmikan langsung oleh Wakil Walikota Bandung H. Yana Mulyana, bersama Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Priana Wirasaputra, serta Ketua Dekranasda Kota Bandung Siti Muntamah Oded pada Sabtu (3/11) lalu. Little Bandung Store di Makasar berupa café, bussines lounge, pusat informasi bisnis, performance stage, hingga toko yang menyediakan produk-produk dari 31 UMKM kota Bandung.

Rencananya, apabila Little Bandung di Makasar mendapatkan hasil yang kuat dari segi pengelolaan dan manajemennya, maka Little Bandung akan dihadirkan juga di beberapa kota besar lainnya seperti Medan, Manado, dan Bali.

“Mudah-mudahan apabila Little Bandung Makasar yang baru launching itu kuat maka akan langsung dikembangkan ke Manado, ke Medan, dan Bali,” tutur Guntara.