BANDUNG, infobdg.com – Tahun ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah fokus pada pengembangan objek wisata air. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Asisten Daerah II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Jabar, Eddy Nasution, dalam gelaran JAPRI, di Gedung Sate Bandung, Kamis (19/9).

Eddy mengatakan, pengembangan wisata air dilakukan untuk meningkatkan kepariwisataan Jawa Barat dan melestarikan budaya Tanah Pasundan. “Budaya Jabar itu sebenarnya sangat melekat dengan air, jadi sudah sewajarnya wisata air kita kembangkan,” kata Eddy.

Nantinya, dalam proses pembangunan dan pengembangan wisata air tidak akan mengganggu pemeliharaan Sumber Daya Alam (SDA) karena akan dilakukan sesuai regulasi. Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Prov. Jabar Linda Al Amin mempertegas, bahwa pihaknya akan fokus merevitalisasi empat destinasi wisata air untuk dilakukan pengembangan, yaitu Sungai Kalimalang di Bekasi, Situ Ciburuy di Kab. Bandung Barat, Situ Rawa Kalong di Kota Depok, dan Waduk Dharma Kab. Kuningan.

Nantinya, bangunan terapung yang akan dibangun di situ, waduk, dan saluran multifungsi tersebut, tidak permanen. “Bangunan terapung di atas badan air itu nantinya tidak permanen karena dibangun tanpa fondasi. Sesuai izin Ditjen SDA Kementerian PUPR RI, bangunan terapung tidak boleh mengganggu pemeliharaan dan merusak keaslian,” ucap Linda.

Untuk proses revitalisasi, terutama di Situ Ciburuy, Kabupaten Bandung Barat, tahun ini akan fokus pada pembenahan gerbang masuk dan taman. Sementara Pembangunan bangunan terapung, pasar apung, restoran, jembatan, rencananya akan dilakukan tahun 2020.

Sesuai dengan rencana Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di lima tahun masa kerjanya, Jabar sedang dicanangkan untuk menjadi provinsi turis. Hal ini tentunya dilihat dari sisi keindahan alam Jawa Barat, terlebih dari budaya dan peradabannya yang sangat kental dengan air. Namun, keindahan tersebut belum dipromosikan dengan baik sehingga penataan dan pengembangan penting untuk segera dilalukan untuk mendukung Jawa Barat menjadi destinasi wisata internasional.