BANDUNG, infobdg.com – Ada kabar baik nih bagi Wargi Bandung pecinta ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Pasalnya, Kota Bandung akan segera memiliki destinasi wisata Iptek yang akan bertempat di Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Bandung, Jalan Tamansari. Rencana hadirnya destinasi wisata Iptek ini disambut baik oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial.

“Ini merupakan hal yang luar biasa. Batan itu pusat sains. Hadirnya destinasi wisata teknologi di Bandung dengan melibatkan Batan akan berdampak positif dalam mengedukasi masyarakat,” kata Oded, saat menerima perwakilan dari Batan Bandung di Balai Kota Jalan Wastukancana, Rabu (4/9).

Foto: Humas Pemkot Bandung

Sejalan dengan rencana tersebut, Oded berpesan agar edukasi seputar teknologi, informasi, dan sains juga harus diimbangi dengan edukasi spiritual.

“Dua hal ini jika digabungkan. Hasilnya akan luar biasa. Di satu sisi kita ambil edukasinya, di sisi lain kita tidak melupakan kebesaran Allah sebagai pencipta dari teknologi, informasi dan sainsnya,” terang Oded.

Sementara itu, Pelaksana Harian Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional Bandung, Agus Rakhim menyebutkan, wisata iptek ini hadir sebagai sarana edukasi masyarakat Kota Bandung perihal Iptek. Agus berharap, hadirnya area destinasi wisata ini mampu menggugah pandangan masyarakat terkait Iptek yang masih dianggap menakutkan.

“Seperti misalnya, saat ini orang memandang nuklir itu hal yang menyeramkan. Hadirnya wisata Iptek ini nantinya bisa mengedukasi masyarakat akan hal-hal semacam ini,” ungkapnya.

Untuk diketahui, di Batan Bandung ini Wargi Bandung bisa menjumpai reaktor nuklir dan pengembangan teknologi nuklir. Agus menyebutkan, perlunya destinasi wisata Iptek ini juga berkaitan dengan kebijakan pemerintah pusat yang akan membangun pembangkit listrik tenaga nuklir.

“Jadi masyarakat tidak takut karena sudah lihat wujudnya, sudah pernah berwisata,” imbuh dia.

Untuk mewujudkan destinasi wisata iptek ini, Pemkot Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dan unsur kewilayahaan akan berkoordinasi mengenai hal-hal teknis hingga waktu peluncuran destinasi wisata baru ini ditetapkan.

“Pada 31 Oktober mendatang kita akan open house. Dengan harapan, masyarakat bisa melihat langsung bahwa di Bandung ini punya reaktor nuklir. Sehingga masyarakat tahu edukasi pengembangan teknologinya,” tandasnya.

 

Komentar

Total Komentar