BANDUNG, infobdg.com – Dalam menangani perihal dugaan pungutan liar (pungli) di SMPN 2 Bandung, Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial bergerak cepat. Oded menginstruksikan Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bandung, Hikmat Ginanjar, untuk terus berkoordinasi dengan tim Saber Pungli Kota Bandung.

Hal tersebut dilakukan agar pemerintah dapat mengkaji lebih dalam perihal dugaan pungli di SMPN 2 Bandung sehingga bisa memperoleh informasi penuh.

“Berdasarkan laporan Pak Hikmat, Saber Pungli Kota Bandung sedang menanganinya. Saya sudah instruksikan berkoordinasi dengan Saber Pungli Kota Bandung. Ini masih dilihat apakah ada pidana atau tidak. Kita kaji dulu,” kata Oded, pada Rabu (20/2), di Gedung DPRD Kota Bandung.

Oded mengingatkan salah satu amanatnya ketika mengangkat Hikmat menjadi Plt Kadisdik adalah membina para kepala sekolah. Plt Kadisdik harus memastikan para kepala sekolah di Kota Bandung mengutamakan kualitas pendidikan ketimbang urusan pribadinya.

“Saya kemarin ketika mengangkat pak Hikmat saya sudah sampaikan. Salah satu pesannya adalah hati-hati, tolong dibina para kepala sekolah. Jangan sampai ada penyimpangan,” tegasnya.

Oded pun kembali mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Bandung, terutama bagi yang menempati jabatan, agar menggunakan kecerdasan berpikir dan kepiawaian spiritualnya dalam menjalankan tugas.

“Membangun negara ini, khususnya para penentu kebijakan harus berhati-hati dengan menggunakan dua hal. Satu dengan logika saat menterjemahkan bahasa undang-undang. Kedua juga kesadaran hati nurani. Kita (bekerja) tidak hanya dengan kesadaran yuridis tapi kesadaran etis,” tutup Oded.

 

Komentar

Total Komentar