BANDUNG, infobdg.com – Taman Lalu Lintas Bandung terus disempurnakan oleh Pemerintah Kota Bandung. Taman yang berfungsi sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) sekaligus tempat edukasi bagi anak ini semakin dilengkapi dengan banyak sarana dan prasarana pembelajaran, khususnya soal tata tertib berlalu lintas.

Taman dengan nama lengkap Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution ini memiliki banyak fasilitas untuk memperkenalkan peraturan lalu lintas sejak dini kepada anak-anak. Area taman seluas 3,5 hektar ini dirancang menjadi miniatur jalanan sebagai simulasi berlalu lintas dilengkapi dengan marka jalan dan rambu-rambu.

“Memang selain dari fungsinya menjadi kawasan lingkungan hidup, taman rekreasi juga menjadi tempat edukasi bagi anak-anak usia dini,” kata Dewan Pembina Yayasan Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution, Yul Yunazwin Nazaruddin, Sabtu (6/7).

Selain miniatur lalu lintas, ada juga miniatur Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), area percontohan kawasan jalan bebas hambatan (jalan tol), miniatur gerai makanan cepat saji dengan layanan ‘drive thru’, miniatur toko buku, kantor pos, hingga miniatur pos polisi.

Selain perlintasan jalan raya, di taman ini juga dibangun sebuah stasiun kereta api, lengkap dengan lokomotif beserta gerbongnya. Relnya terpasang di bagian utara Taman Lalu Lintas. Bahkan baru-baru ini, pesawat tempur F-5 Tiger milik TNI AU juga dibangun di taman tersebut.

Fasilitas yang disediakan di Taman Lalu Lintas ini banyak bertebaran di setiap sudut yang akan membuat anak-anak betah. Semakin lengkap, berbagai wahana permainan juga disediakan berdampingan dengan titik kumpul bagi para orang tua agar lebih mudah mengawasi anak-anaknya saat bermain. Di bagian dalam, ada juga kolam renang untuk anak-anak. Walaupun ukurannya tidak begitu besar tapi cukup untuk menjadi wahana bermain air, dilengkapi dengan perosotan.

Taman yang diresmikan pada 1 Maret 1958 hingga saat ini masih selalu dipadati pengunjung. Harga tiket masuknya pun cukup murah, yakni Rp 6.000 per orang. Sedangkan tiket permainan ataupun wahana lainnya berkisar antara Rp 2.000 sampai Rp 6.000.

Komentar

Total Komentar