- Advertisement -

52 Tahun Wanadri Berkibar

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – Wargi Bandung yang suka naik Gunung pasti enggak asing sama nama Wanadri. Wanadri adalah Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung. Wanadri merupakan wadah wargi Bandung untuk mendapatkan ilmu dan pendidikan segala hal mengenai alam terbuka. Perhimpunan yang didirikan dan berkembang di Bandung ini sudah berusia 52 tahun dan sudah pernah mengibarkan bendera di tujuh puncak tertinggi di Dunia.

- Advertisement -

Wanadri

Nah, team infobdg kemarin sempet main ke sekertariat Wanadri loh wargi Bandung. Disana team infobdg dapat banyak cerita tentang Wanadri yang bulan Mei ini tepat berusia 52 tahun. Nama Wanadri sendiri berasal dari bahasa sanskerta, wana yang berarti hutan dan adri yang berarti Gunung yang mengartikan secara harfiah berarti gunung di tengah-tengah hutan.

Perhimpunan Wanadri ini memiliki empat kegiatan, yang pertama pendidikan, atau yang disebut pendidikan dasar Wanadri. Untuk wargi Bandung yang ingin bergabung menjadi bagian Wanadri, wargi Bandung harus mengikuti Pendidikan Dasar Wanadri yang diadakan setiap dua tahun sekali dan selama satu bulan. Tahun ini Wanadri mengadakan pendidikan dasar, pendaftaran dibuka pada bulan Februari kemarin dan Pendidikan dasarnya sendiri akan dilaksanakan di bulan Juli nanti. Nah, buat wargi Bandung yang mau gabung sama Wanadri bisa ikutan di tahun 2018 nanti! Jadi dari sekarang siapin fisik dan pengetahuannya ya.

576211_203069293154533_1840261280_n

Selain untuk mengembangkan diri di alam terbuka, tugas pokok kedua Wanadri adalah pengabdian terhadap masyarakat dalam tenaga khususnya dalam kegiatan kemanusiaan dan bencana. Wanadri bekerja sama dengan badan SAR untuk bantuan seperti mencari orang di Gunung, dan bencana lainnya. Untuk tugas pokok ketiga yaitu perjalanan, sudah banyak perjalanan Wanadri, diantaranya pada tahun 2007-2010 ekspedisi garis terdepan di Indonesia, Wanadri mengitari kurang lebih 92 pulau terluar di Indonesia.

Pada tahun 2009 Wanadri juga menjelajahi Indonesia di Udara, Ekspedisi Solo Trike Lintas Sabang-Merauke menggunakan pesawat kecil jenis Trike. Dan pada tahun 2010-2013 merupakan pencapaian skala Internasional yang sudah diraih oleh Wanadri, Wanadri menjelajahi 7 puncak tertinggi di 7 Benua. Banyak deh prestasi yang sudah diraih sama Perhimpunan Wanadri. Nah, tugas pokok yang terakhir, Wanadri bekerjasama dengan balai besar Kawasan Konservasi Taman Buru Gunung Mas Kareumbi untuk mengelola kawasan ini. Jadi selain menjelajah, Wanadri  mengelola dan mengawasi kawasan hutan.

301788_175508199243976_1117731589_n

Itu dia kegiatan yang dilakukan kalau wargi Bandung jadi bagian Wanadri. Wanadri memberikan pendidikan bukan hanya untuk anggota, wargi Bandung yang ingin mempelajari ilmu-ilmu survive di alam terbuka, perhimpunan ini memberikan pendidikan untuk umum seperti pada awal tahun kemarin diadakan Pendidikan Khusus Navigasi Darat Wanadri 2016 terbuka untuk umum.

Banyak tempat di Bandung yang bisa wargi Bandung jelajahi dan maksimalkan pesona alamnya, tapi tetap dijaga ya. pesan dari kang Ardy Rifiantara selaku Ketua Wanadri.

“Sedikit yang kami lakukan tapi semuanya kami baktikan bagi bangsa dan negara Indonesia” – Wanadri

WANADRI

Sekretariat Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri:
Jl. Aceh No.155, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat

Foto : Wanadri

- Advertisement -
710,465FollowersFollow
2,521,249FollowersFollow
41,450SubscribersSubscribe
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisement -

Kuliner Bandung

- Advertisement -