- Advertisement -

Adu Keahlian Barista, Manual Brew Indonesia & BI Gelar Creative Beverage Competition 2022

Berita Lainnya

EVENT, infobdg.com – Berbicara soal kopi, rasanya tak terbatas hanya pada “minuman” yang disajikan secara manual melalui berbagai tehnik, baik pour over maupun espresso based, mungkin dengan campuran susu di dalamnya. Saat ini, industri kopi tengah berkembang jauh lebih pesat.

Lidah yang terbiasa minum kopi bahkan kini menuntut lebih. Hal ini membuat menu minuman kopi jauh lebih berkembang, karena ditambahkan berbagai macam bahan lainnya sehingga menghasilkan rasa yang baru dan nikmat.

Bahan-bahan pelengkap lainnya itu pun bisa dengan mudah ditemukan di keseharian, atau bisa juga didatangkan khusus dari luar.

Fenomena tersebut menjadi sebuah “tuntutan” bagi para pelaku industri kopi untuk bertindak lebih kreatif, agar dapat mempertahankan dan memperluas pasar para penikmatnya.

Berangkat dari hal ini, Manual Brew Community sebagai rumah bersama para penggiat kopi di kota Bandung, bekerja bersama Bank Indonesia (BI), menghadirkan gagasan untuk menggelar kompetisi Creative Beverage Competition 2022. Kompetisi ini merupakan ajang berkumpul dan beradu keahlian para pecinta dan penggiat kopi.

Event Creative Beverage Competition 2022 telah dilaksanakan, bersamaan dengan acara Pekan Kerajinan Jawa Barat.

Pada kesempatan kali ini, Manual Brew Community membuka gerai seduh “Coffee Corner”, dimana beragam minuman olah kopi seperti Espresso Based, kopi Manual Brew, dan juga Coffee Mocktail akan disajikan selama rangkaian acara berlangsung. Seluruh suguhan menu kopi tersebut dibuat oleh para barista berbakat.

Creative Beverage Competition tahun ini mengangkat tema utama “Cita Rasa Jawa Barat”.

Pada kompetisi ini, para peserta ditantang untuk menciptakan minuman yang berbahan dasar kopi dengan menggunakan produk kearifan lokal khas daerah Jawa Barat.

Peserta lomba Creative Beverage Competition ini juga terbuka untuk umum, bukan terbatas hanya kepada para penggiat kopi saja. Peserta berasal dari berbagai Provinsi seperti Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Dalam perlombaan tersebut, peserta diberikan bahan berupa konsentrat kopi oleh panitia yang kemudian dijadikan sebuah karya berupa minuman. Peserta tersebut diwajibkan untuk membuat video mengenai pembuatan minuman, baik tata cara pembuatannya, hingga penjelasan pembuatan minuman tersebut.

Presentasi peserta dilakukan pada 16 Mei 2022 lalu secara langsung dihadapan para dewan juri, di Trans Convention Center Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto No.268, Kota Bandung.

Dari perlombaan ini, tiga peserta ditetapkan sebagai pemenang, mereka adalah Nizam pasha Lolowang (Juara 1), Fahziqri Aulia Mubarak (Juara 2), dan Ficky Feriawan Maulana (Juara 3).***

714,036FollowersFollow
2,569,431FollowersFollow
43,650SubscribersSubscribe
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img