- Advertisement -

AKPAR NHI Bandung Siap Lahirkan Insan Pariwisata Unggul

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – Akademi Pariwisata NHI Bandung (Akpar NHI Bandung) adalah sebuah perguruan tinggi swasta, yang berada di bawah naungan Yayasan Kopensi STPB. Adapun nama lembaga pendidikan yang didirikannya bernama Akademi Pariwisata NHI, terletak di Jalan Raya Lembang No 112, Bandung.

- Advertisement -

Saat ini Akpar NHI Bandung menyambut penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022. Dengan mengusung tagline “The Real Swiss Model Hotel School” yang berlatar belakang dari referensi yang mengacu kepada zaman dahulu saat Akpar NHI Bandung masih dikenal sebagai NHI, yakni dimana kurikulum pembelajarannya terdiri dari 50% teori, dan 50% praktek. Dengan adanya ketentuan bahwa 1 instruktur mengawasi maksimal 8 mahasiswa, yang bertujuan untuk mengedepankan kualitas pembelajaran. Dan mengapa “Swiss Model”?

Dikarenakan dari awal mula Akpar NHI Bandung berdiri banyak orang-orang Swiss yang datang ke Indonesia dalam rangka government to government,dan kemudian pada prosesnya, para founding father dari Akpar NHI Bandung inilah yang terinspirasi oleh tenaga pendidik dari Swiss untuk kemudian akhirnya menerapkan sistem pembelajaran Swiss model hingga sekarang ini.  Visi Akpar NHI Bandung sendiri adalah, “Menjadi Perguruan Tinggi Vokasi Perhotelan yang Unggul di Tingkat Global di Tahun 2042.”

Profil dosen di Akpar NHI Bandung sendiri adalah berasal dari para praktisi yang memang sudah lama berkecimpung di bidang perhotelan, dan sesuai persyaratannya yakni yang sudah memiliki gelar S2. Ada pula beberapa dosen Akpar NHI Bandung yang masih menjadi General Manager.

Selain memiliki pengajar yang mumpuni di bidangnya, Akpar NHI Bandung pun dilengkapi dengan sarana dan fasilitas yang lengkap sesuai kebutuhan peminatan masing-masing, seperti fasilitas di peminatan Room Division yang dilengkapi dengan laboratorium praktikum, berupa ruang simulasi Front Office (lobby), simulasi Housekeeping/Guest Room. Kitchen praktik, sarana olahraga, sarana kesenian, dan berbagai sarana lain sesuai kebutuhan peminatannya sendiri.

Selama lima tahun terakhir jurusan Kitchen di prodi perhotelan, menjadi jurusan favorit di Akpar NHI Bandung, tetapi saat ini jurusan Food and Beverage menjadi jurusan yang sedang naik daun, karena mengingat banyaknya tren Coffee Shop, dan Barista.

Sesuai arahan Kemendikbud, pada masa pandemic covid-19 seperti saat ini, Akpar NHI Bandung menerapkan metode pembelajaran hybrid, yakni penggabungan antara metode pembelajaran secara langsung dan daring, pembelajaraan materi secara daring, dan pembelajaran praktik secara langsug. Dalam masa pandemic seperti saat ini hanya diselenggarakan UKM wajib, untuk mahasiswa jurusan F&B dan Kitchen & Pastry, untuk jurusan F&B yakni BarNgop untuk Barista, dimana para siswa dapat berdiskusi soal kopi dan Melanger untuk Mixologist, bagaimana cara membuat minuman yang enak, dari mulai tekstur, dan warna, supaya pas. Lalu di jurusan Kitchen&Pastry ada Nafro, yang mempelajari teknik-teknik terbaru dalam pembuatan makanan, misalnya seperti teknik  Molecular Gastronomy.

Akpar NHI Bandung telah banyak mencetak para insan hebat di dunia pariwisata dan perhotelan, berikut adalah empat testimonial dari alumni Akpar NHI Bandung yang telah sangat sukses di bidangnya.

Ratih – Assistant Director of Sales Novotel Bandung

(Alumni Akpar NHI Bandung, Jurusan Perhotelan, angkatan 2007)

Kesan pembelajaran yang saya dapat semasa mengemban pendidikan di Akpar NHI Bandung adalah, sistem pembelajaran dengan 6 bulan praktek dan 6 bulan teori, saya rasa itu sangat bermanfaat karena dalam dunia kerja pengalaman pada saat training sangat dibutuhkan.

Momen yang paling tidak terlupakan selama belajar di Akpar NHI Bandung adalah pads saat praktek table manner yang diadakan setiap hari Minggu, kita dapat ilmu dan dapat merasakan berbagai macam makanan.

Terakhir, pesan saya bagi adik-adik yang sedang mencari tempat pendidikan untuk mencapai cita cita masa depan nya, Akpar NHI Bandung bisa menjadi solusi pilihan yang sangat tepat karena di dukung oleh sistem pendidikan yang baik dan dosen yang berkompeten dan setelah lulus bisa di bantu di arahkan mendapatkan pekerjaan di Indonesia ataupun luar negeri dan pelayaran.

Heru Kurniadi (37 tahun) – Owner/Direktur PPM Hospitality

(Alumni Akpar NHI Bandung Jurusan Perhotelan, angkatan 2007)

“Sebagai alumni Akpar NHI Bandung banyak pengalaman serta ilmu yang didapat dan tentunya menggiring saya ketitik sekarang ini. Terlebih pencapaian untuk singgah diluar negeri yakni New York, Amerika Serikat. Hal serupa juga dirasakan oleh teman lainnya yang berhasil singgah dibeberapa negara. Tidak hanya sisi akademis, pelajaran diluar itu, salah satunya kedisiplinan saya dapatkan. Hingga akhirnya tanpa disadari membuat saya bisa lebih menghargai waktu serta kesempatan yang diberikan. Terutama secara tidak langsung membentuk mental untuk tidak pernah berhenti berjuang dalam sebuah pencapaian diri.”

Andi Triyana Pramono (35 tahun) – In Flight Chef, Saudi Airlines

(Alumni Akpar NHI Bandung, Jurusan Perhotelan, angkatan 2007)

Metode pembelajaran di Akpar NHI Bandung sangat berbobot dan itu menjadi point plusnya. Diantaranya karena sistem yang diterapkan satu minggu teori dan satu minggu praktek. Apalagi untuk tim  pengajarnya memiliki kualitas bagus dengan pengalaman bekerja di hotel bintang 5 juga diluar negeri. Terlebih untuk PKL yang diberikan yaitu 1.2 tahun (dibagi 2 sesi) menjadi sarana kita belajar lebih banyak, apalagi untuk merasakan dunia industri. Itu yang jarang kita dapat dijenjang perkuliahan lainnya. Secara keseluruhan apa yang saya terima dibangku kuliah, menjadi modal utama meraih dunia yang saya cintai yaitu kitchen.

Jerry Andrean (25 tahun) – Juara MasterChef Indonesia Season 7

(Alumni Akpar NHI Bandung, D3 Perhotelan – Jurusan Kitchen)

Banyaknya alumni dari NHI yg sukses ditambah lagi sistem pembelajaran dan juga training dari AKPAR NHI turut meyankinkan diri saya untuk memilih kampus ini. Disana, saya tidak hanya mendalami ilmu dapur saja, tetapi juga saya mendapatkan keseluruhan ilmu perhotelan dari berbagai divisi. Diluar ranah akademis saya sering sekali mengikuti perlombaan memasak mulai dari tingkat kampus, daerah, kota, nasional hingga Internasional. Dan terakhir saya dapat memenangkan perlombaan MasterChef yang mana pada season sebelumnya saya pernah tereliminasi.

Pesan saya bagi para pelajar yang ingin mengejar ilmu pariwisata adalah, selalu yakinkan diri kalian apakah dunia perhotelan dan pariwisata adalah passion kalian. Bila iya, Akpar NHI Bandung Merupakan pilihan yang tepat untuk mengasah skills dan knowledge juga menyalurkan bakat dan minat kalian. Akpar NHI Bandung juga tidak hanya mendidik secara akademis namun juga secara attitude dan mental.

Saat ini Akpar NHI Bandung masih membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Ajaran 2021/2022, jadi jangan lewatkan kesempatan untuk menimba ilmu dan menjadi insan pariwisata unggul kebanggaan bangsa.Untuk informasi lebih lengkap silahkan akses situs website.akparnhi.ac.id dan ikuti akun instagram @akparnhi untuk kabar terbaru dari Akpar NHI Bandung.

Tentang Akademi Pariwisata NHI Bandung

Akademi Pariwisata NHI Bandung atau Akpar NHI Bandung adalah sebuah Perguruan Tinggi Swasta yang berada di bawah naungan Yayasan Kopensi STPB. Akpar NHI Bandung didirikan Pada tahun 2001 melalui kesepakatan antara Pimpinan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) dan Koperasi Pegawai Negeri Sipil (Kopensi) STPB dengan mendirikan sebuah Yayasan yang diberi nama Yayasan Kopensi STPB. Tugas pokok didirikannya Yayasan adalah mengurusi  dan mengelola pendirian Lembaga Pendidikan swasta di lingkungan pegawai Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Adapun nama lembaga pendidikan yang didirikannya bernama Akademi Pariwisata NHI Bandung atau yang akrab disebut Akpar NHI Bandung. Pada perjalanannya, Akpar NHI Bandung telah menjadi salah satu Kampus Perhotelan terfavorit di Bandung dan wilayah sekitarnya dengan para lulusan yang terjamin kualitasnya, terutama untuk bekerja dan berkarya di bidang Perhotelan (Hospitality Industry). Beberapa prestasi luar biasa para lulusan Akpar NHI Bandung, antara lain: Juara Pertama MasterChef Indonesia Season 7 (2020) dan Peraih Medali Emas pada SIAL InterFOOD La Cuisine Competition (2020).

- Advertisement -
710,465FollowersFollow
2,521,255FollowersFollow
41,450SubscribersSubscribe
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisement -

Kuliner Bandung

- Advertisement -