- Advertisement -

Apa Aja Yang Baru di Bandung Zoological Garden? Cek Di Sini

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – Bandung Zoological Garden (Bazoga) kini mengahdirkan suasana dan fasilitas baru yang menambah daya tarik baru bagi wisatawan dalam dan luar Bandung.

Bandung Zoological Garden atau biasa dikenal sebagai Kebun Binatang merupakan salah satu objek wisata ikonik di Bandung. Tak jarang banyak pengunjung yang berasal dari dalam dan luar kota Bandung memiliki kenangan tersendiri di tempat ini.

Kapan terakhir kali Wargi Bandung mengunjungi ke Bazoga atau Kebun Binatang? Seiring dengan berkembangnya kota Bandung, Bazoga juga mengalami banyak perubahan lho. Kira-kira ada apa saja yang baru di Bazoga? Silahkan simak dalam ulasan berikut ini!

Komplek Kura-Kura Anyar Bandung Zoo

Sumber foto : masukpakeko.id

Bazoga saat ini memiliki Komplek kura-kura baru setelah direnovasi besar-besaran oleh tim konservasi dan tim bangunan internal Bandung Zoo. Komplek kandang kura-kura ini memiliki luas 17m2 x 18m2 yang terbagi dalam 9 buah eksibit sesuai dengan kebutuhan dan juga populasi masing-masing reptil tersebut.

Dengan adanya renovasi ini, pengunjung bisa lebih nyaman menikmati gerak gerik kura-kura di komplek reptil tersebut. Tak hanya bagi pengunjung faktor kenyamanan dan kebutuhan hewan pun tak luput diperhatikan, penggunaan ornamen batu yang di relief dan rumput-rumput alami serta pasir untuk mereka bertelur dan membuat lubang dipersiapkan dengan baik, juga dilengkapi dengan pembatas jenis kaca.

Komplek kandang reptil ini memang menjadi salah satu andalan untuk dilihat oleh pengunjung karena saat ini Komplek kandang reptil di Bandung memiliki puluhan ekor kura-kura baik dari dalam dan juga luar negeri. Koleksi tersebut sudah dimiliki Bandung Zoo sejak puluhan tahun silam.

Selain memiliki koleksi yang banyak, beberapa jenis diantaranya sangat langka yaitu kura-kura leher panjang. Saat ini Bazoga memiliki koleksi 3 ekor kura-kura leher panjang. Manajemen Bazoga juga berupaya melakukan proses pengembangbiakan jenis kura-kura tersebut lho. Perkembangbiakannya dilakukan secara alami. Sementara untuk penetasan telur kura-kura dilakukan dengan dua metode, yakni alami dan menggunakan alat tetas (inkubator).

Tercatat sejumlah kura-kura ceper berhasil ditetaskan dalam dua tahun silam dan saat ini tim reptil Bazoga sedang berupaya untuk penetasan beberapa reptil yang bertelur lainnya, seperti jenis-jenis kadal dan ular.

Tur Menghalau Pemburu

Illustrasi : Google

Menghalau pemburu adalah sebuah permainan tur bagi pengunjung di dalam kawasan Bazoga. Konsep tur ini dijual untuk publik umum. Pengunjung akan diajak berkeliling menikmati sisi lain dari kebun binatang dalam durasi kurang lebih 3 jam. Tur terbagi dalam kelompok minimal 5 orang maksimal 15 orang akan dibimbing seorang pemandu menyusuri rute untuk menghalau pemburu.

Pengunjung akan mengikuti sebuah alur cerita selama tur berjalan. Akan ada berbagai kegiatan-kegiatan seru dan interaksi bersama hewan-hewan lucu yang ada di kawasan Bazoga. Tur menghalau pemburu ini terbuka untuk pelajar setingkat TK, SD dan SMP dan dikenakan biaya Rp. 200.000/orang sudah termasuk topi rimba, makan siang dan minuman. Untuk daftar paket ini, Wargi Bandung bisa menghubungi tim marketing Bazoga baik untuk perorangan ataupun per kelompok.

Zona Afrika dan Dua Anak Singa

Docs. Bazoga

Zona Afrika merupakan area baru hasil renovasi yang dimana di area tersebut Wargi Bandung bisa melihat koleksi hewan-hewan yang bisa di temukan di Afrika seperti jerapah, rusa, gnu, waterbuck, lechwe, zebra dan tentunya singa. Di zona Afrika ini juga terdapat sebuah cafe yang bernama Cafe Simba. Dari cafe tersebut Wargi Bandung juga bisa melihat hewan yang ada di zona Afrika.

Tak jauh dari Cafe Simba terdapat eksibit sepasang singa Tera dan Melin yang usia sekitar 12 tahun beserta dua anak mereka Baha dan Gia, anak singa jantan diberi nama Baha, sementara anak singa betina diberi nama Gia. Baha dan Gia lahir pada 28 November 2021 lalu. Kedua anak singa ini menjadi anggota baru bagi Bazoga semenjak diperlihatkan pertamakali pada awal tahun 2022. Sejak lahir, kedua anak singa tersebut tidak pernah ditangani oleh keeper, juga tidak pernah disentuh, tetapi langsung dirawat oleh induknya.

Nah itulah beberapa hal baru yang ada di Bandung Zoological Garden (Bazoga). Dengan kemasan terbarunya tentu menambah daya tarik untuk Wargi Bandung mengunjungi Bazoga bukan? Yuk, luangkan waktu dan ajak teman atau keluarga untuk berkunjung ke Bazoga!

 

714,036FollowersFollow
2,605,017FollowersFollow
43,650SubscribersSubscribe
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img