BANDUNG, infobdg.com – Pada Maret 2020 mendatang, Balai Kota (Balkot) Bandung akan menjadi lokasi sirkuit kejuaraan motor Mini GP tingkat nasional. Kejuaraan digelar untuk menjaring pebalap muda berbakat.

Foto: Humas Kota Bandung

Arie Ocktane, Coach Pocket Bike Racing Team menyampaikan, bahwa acara tersebut diselenggarakan sebagai ikon dan pelopor event Mini GP yang baru pertama kali digelar. Melalui ini, pihaknya fokus mencari pebalap usia dini.

“Jangka panjangnya kita mencari pebalap muda usia dini. Mulai umur 4 tahun sampai 12 tahun,” kata Arie,  Jumat (24/1). 

Arie pun mengakui, tujuan diadakannya event balap tersebut tak lain untuk menyebarluaskan balap motor mini GP, khususnya di Jawa Barat. 

“Kita sebarluaskan balap motor Mini GP  di Jawa Barat. Dipilih Kota Bandung karena antusias warganya yang cukup tinggi,” akunya. 

Untuk diketahui, pada Mini GP ini, tunggangan yang digunakan adalah motor berkapasitas 50cc bernama Mini GP Lenka. Motor tersebut menggunakan mesin 2 tax. Maksimal panjang sirkuit untuk mini GP ini sekitar 500-600 meter, berbeda dengan road race yang mencapai 1 km lebih.

Rencananya, seputaran parkiran Balai Kota akan dijadikan sirkuit untuk olahraga racing ini.

“Setelah kita mendapatkan izin untuk melihat kawasan balai kota, seputaran parkiran ini menjadi sirkuit. Ini layak untuk jadi trek balap, kerena aspalnya bagus,” ungkap Arie.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana pun mengapresiasi rencana agenda mini GP tersebut. 

“Pemkot Bandung mendukung kegiatan positif yang selalu memberikan perkembangan dari berbagai hal. Seperti ini balap Mini GP, apalagi baru pertama dan rencananya diselenggarakan di Kota Bandung. saya titip harus mengedukasi dan memberikan yang terbaik dalam event ketika berlangsung,” beber Yana.