Gelar Rapid Test Komunal di Cicendo, Satgasus Kota Bandung Apresiasi BBB

Berita Lainnya

Terapkan Protokol Kesehatan, Shalat Jumat di Masjid Al Ukhuwah Khusyu

BANDUNG, infobdg.com - Setelah lama tak gelar shalat berjamaah akibat pandemi virus Corona, pada Jumat (5/6) akhirnya Masjid Al Ukhuwah kembali laksanakan shalat Jumat...

Jalan-jalan Lewat Virtual Tour Gedung Sate

BANDUNG, infobdg.com - Kapan Wargi Bandung terakhir kali jalan-jalan? Di saat pandemi seperti ini, kita belum bisa jalan-jalan, begitu juga foto-foto di Gedung Sate....

Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru di Rumah Ibadah

BANDUNG, infobdg.com - Adaptasi kebiasaan baru (AKB) merupakan istilah yang digunakan oleh Kang Emil untuk kebiasan baru yang akan diterapkan selanjutnya di masa pandemi...

Inilah Skema Untuk Hindari Lonjakan Tagihan Pelanggan PLN

NASIONAL, infobdgcom - Seperti diketahui, belakangan ini PLN mendapatkan banyak complaint dari pelanggan yang mempertanyakan tentang tagihan bulanan dan puncaknya adalah tagihan di bulan...

BANDUNG, infobdgcom – Program Bandung Bangkit Bersama (BBB) berkolaborasi dengan Puskesmas Pasirkaliki dan Puskesmas Sukaraja serta Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, menggelar rapid test komunal tahap satu di Cicendo, Sabtu (2/5/20) pagi.

Tes cepat yang digelar di RT 3/RW 4, Kelurahan Pajajaran ini merupakan dukungan bantuan dari Solidaritas Berantas Covid-19 dan Cisdi. Inisiator BBB, Ipong Witono mengatakan, rapid test ini sebagai upaya untuk memetakan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kecamatan Cicendo.

“Tes cepat ini diutamakan bagi tenaga kesehatan dan orang dalam pemantauan (ODP) dari 50 warga Cicendo yang suspect Covid-19,” ujar Ipong.

Adapun prosedur rapid test ini, setiap orang akan dites dua kali dalam jangka 7-10 hari. Penentuan peserta yang akan dites ditentukan sepenuhnya oleh pihak UPT Puskesmas Pasirkaliki dan UPT Puskesmas Sukaraja.

Sejumlah perangkat kewilayahan pun ikut hadir memantau pelaksanaan rapid test ini. Camat, Kapolsek, Danramil, termasuk Komandan Operasi Posko penanganan Covid-19 BBB H. Soma Suparsa.

Rapid test pertama untuk tenaga kesehatan sudah dilakukan kemarin dan hasilnya negatif. Untuk rapid test komunal tahap awal akan diikuti lima puluh warga dalam kategori ODP,” kata Ipong.

Pada pelaksanaan tes cepat ini, Puskesmas Pasirkaliki dibantu sejumlah relawan yang memakai alat pelindung diri (APD) dan prosedur protokol kesehatan. Menurut Ipong, rapid test komunal ini menjadi pijakan awal pendataan program isolasi mandiri yang direncanakan dalam program BBB. Dari hasil tes itu, diharapkan BBB bisa memilih peserta isolasi mandiri yang sesuai dengan kriteria.

“Saat ini program isolasi mandiri sedang dalam perencanaan untuk terus dimatangkan. Sesuai protokol kesehatan, khusus relawan yang akan menangani program isolasi mandiri diwajibkan untuk ikut rapid test atas donasi Eiger,” ucap Ipong.

Kegiatan ini dapat apresiasi dari Satgasus Penanggulangan Covid Kota Bandung dipimpin oleh Ketua Harian Ema Sumarna ketika menerima BBB di Balai Kota Bandung, Selasa (5/5/2020).

Tahapan berikutnya yang dilakukan BBB adalah mengaktivasi dapur umum dengan pelibatan warga yang dikoordinir oleh kelurahan, persiapan rapid test komunal tahap kedua, dan persiapan program isolasi mandiri.

Hari ini, Rabu 6/5/20, tim relawan Satgas Covid BBB mengikuti TOT pelatihan relawan via aplikasi Zoom sebagai bekal pengetahuan tentang Covid-19 di Posko Cicendo dari Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Jawa Barat dengan narasumber Dr. Joe Wimpi Manikam (AMP), Dr Rudi Ulut Sp.An, dr Zul Sp.M, Andi Daging dan Hanny dari Wanadri.

- Advertisement -
- Advertisement -

Kuliner Bandung #DirumahAja

Keiko Food: Tetap Bisa Menikmati Suki Dimana Saja

KULINER, infobdg.com - Setelah sekian lama mimin nggak makan yang berkuah, gurih, dan juga pedas, akhirnya sekarang kesampaian juga. Mimin kemarin habis coba menu suki...

Troistan: Stok Dessert Kekinian Walau #DiRumahAja

KULINER, infobdg.com - Ingin dessert kekinian yang bisa disimpan di lemari es dan bisa dimakan kapan aja? Troistan ini cocok banget buat stok dessert-nya...

Bacikom: Nikmati Baso Aci Instan Saat #DiRumahAja

KULINER, infobdg.com - Wargi Bandung lagi kangen jajan baso aci nggak nih? Mimin mau kasih tahu baso aci instan yang bisa Wargi Bandung nikmati...