- Advertisement -

Kenalan Sedikit Yuk Sama Suling Sunda

Berita Lainnya

MUSIK, infobdg.com – Musik adalah salah satu pelepas penat, banyak orang yang tentunya senang mendengarkan musik. Setiap orang pasti mempunyai selera musiknya masing-masing, mulai dari musik pop, rock, jazz, sampai musik daerah. Kali ini tim Infobdg akan sedikit membahas tentang salah satu alat musik daerah yang sudah tidak asing lagi. Yap, suling Sunda atau ada juga yang menyebutnya seruling bambu.

Suling Sunda adalah salah satu alat musik yang menjadi pengisi penting dalam setiap harmoni musik Sunda. Tentunya sebagian besar musik yangberasal dari tanah Pasundan selalu diisi oleh instrumen musik ini. Alat musik ini terbuat dari bambu yang berukuran kecil dengan ukuran sekitar 30 cm dan bergaris tengah 3 cm.

Beberapa orang menyebutkan bahwa ciri khas dari alat musik ini adalah suaranya yang mirip dengan sebuah siulan yang melengking. Alat musik ini tidak seperti alat musik biasa, karena suling Sunda memiliki nada pentatonis. Sedangkan alat musik biasa memiliki 7 tangga nada yaitu diatonis, sehingga membuat cara memainkannya pun cukup unik.

Selain identik dengan musik tradisional Jawa Barat, suling Sunda pun juga selalu diidentikan dengan salah satu alat musik yang menjadi pengiring musik dangdut. Tak heran bahwa suling Sunda selalu dipakai dalam setiap musik dangdut karena mempunyai cengkok yang khas dari suara yang dihasilkannya.

Suling sendiri diperkirakan sudah ada sejak jaman purba. Hal itu karena ditemukannya berupa beberapa suling sebagai peninggalan manusia purba Neanderthal. Penemuan itu diperkirakan telah berumur 40.000 tahun, bedanya jika suling zaman dahulu terbuat dari tulang hewan. Konon pada zaman itu manusia purba Neanderthal sudah memiliki pemikiran yang lebih maju dibandingkan lainnya.

Salah satu keistimewaan dari suling Sunda adalah bahannya yang mudah didapat karena bahan dasar alat musik ini adalah dari bambu. Namun disamping itu, meskipun terlihat mudah dimainkan tapi untuk bisa memainkan alat musik ini secara benar dan harmonis, kita harus belajar dengan benar karena tangga nadanya yang berbeda dari alat musik lainnya. Kalau alat musik biasa memiliki tangga nada do-re-mi-fa-so-la-si-do suling sunda memiliki tangga nada da-mi-na-ti-la-da.

Alat musik ini adalah salah satu kebanggan untuk kita semua terutama warga Jawa Barat. Untuk itu mari kita tetap memelihara kelestarian budaya agar peninggalan leluhur kita tetap terjaga dan tidak ditelan oleh perkembangan zaman. Beberapa dari kita mungkin diajarkan dasar cara memainkan alat musik ini saat duduk di bangku sekolah. Maka dari itu yuk kita coba memainkannya lagi dan perkenalkan ke anak generasi sekarang.

Sumber: museumnusantara.com

714,036FollowersFollow
2,564,459FollowersFollow
43,650SubscribersSubscribe
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img