L’Arc~en~Ciel 20th Anniversary World Tour in Jakarta

Berita Lainnya

MASATA Dorong Desa Wisata Jadi Sentra Tumbuhnya Pendapatan Baru di Indoensia

BANDUNG, infobdg.com - Mendukung pariwisata Indonesia yang berkelanjutan, Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) menyelenggarakan focus group discussion (FGD) bertema "Pengembangan Desa Wisata Menuju 205 Desa...

Lembaga Pendidikan Bahasa Asing Polyglota Hadir Di Bandung

BANDUNG, Infobdg.com - Sekarang, memiliki kemampuan berbahasa asing sangat diperlukan. Selain menambah skill, fasih berbahasa asing pun bisa membuka peluang bisnis atau peluang-peluang lainnya....

Cegah Penyebaran Covid-19, Oded Keluarkan Inwal Penegakan Protokol Kesehatan

BANDUNG, infobdg.com - Sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Bandung, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengeluarkan Instruksi Wali Kota No 007 tahun...

Perketat Penanganan, Satgas Covid-19 Kota Bandung Bentuk 12 Tim Khusus

BANDUNG, infobdg.com - Untuk meminimalisir terjadinya penambahan covid-19 di Kota Bandung, Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung membentuk dua belas tim khusus. Dibentuknya tim...

Jakarta – Twitter mendadak heboh, beredar kabar bahwa band kenamaan asal Jepang ”L’Arc~en~Ciel” akan menggelar konser di Jakarta. Sudah sejak lama para penggemar band rock punk asal Osaka itu, menginginkan mereka untuk tampil di tanah air. Kabar rencana kedatangan ”L`arc-en- Ciel” atau juga sering disebut ”Laruku” itu sendiri dipicu oleh postingan Twitter salah sorang staf Sony Music, label yang menaungi ”L’Arc~en~Ciel” di Indonesia.

Simpang siur berita tentang rencana konser di Jakarta terkuak sudah. Marygops Studios dan Midas Promotion selaku promotor memastikan bahwa Laruku akan menggebrak panggung musik Tanah Air pada tanggal 2 Mei 2012 mendatang. Mereka akan beraksi di Lapangan D Senayan, lewat tur konser yang bertajuk ”L’Arc~en~Ciel 20th Anniversary World Tour”. Harga tiket yang dipasang untuk konser tersebut, sebagai berikut:

VIP Package: Rp 1,2 juta (termasuk premium festival tiket, official merchandise, souvenir tiket, early entry privilege)
Premium Festival: Rp 850 ribu
Regular Festival: Rp 500 ribu

Penjualan tiket akan mulai dibuka pada Sabtu ini, 28 Januari 2012 tepat pukul 10.00 WIB. Pembelian juga dapat dilakukan secara online melalui www.rajakarcis.com atau bisa juga di nomor telepon 021 – 828 2137. Selain itu bisa juga melalui www.tiket.com mulai hari Selasa depan tanggal 31 Januari 2012 lewat nomor 021 – 7020 6888.

Shanee Harjani, Managing Director Marygops Studios dan Peter Harjani selaku Project and Creative Director dari Marygops Studios menyebutkan, bahwa konser yang dihelat dalam rangka peluncuran album terbaru ”Butterfly” dan perayaan keeksistensian Laruku selama dua dekade di industri musik ini, nanti akan ditunjang dengan peralatan yang canggih yang dijamin akan memuaskan penggemarnya yang datang ke konser nanti.

Pengusungan nama ”L’Arc~en~Ciel” yang diambil dari bahasa Perancis yang berarti ”The Rainbow” atau pelangi, mungkin bagi orang Jepang sendiri agak susah untuk disebutkan, maka itu mereka mempunyai sebutan lain untuk nama bandnya ini, ”Laruku”.

Band yang semula diawaki Hyde aka Hide (Vocal, Guitar), Tetsuya alias Tetsu (Bass, Backing vocal), Hiro (Guitar) dan Pero (Drums) ini dibentuk di Osaka, Jepang pada Februari 1991, mengusung aliran musik Alternatif Rock, Pop Rock, Progresif Rock dan Art Rock. Setelah setahun memasuki ranah industri musik dan telah mempunyai nama yang cukup dikenal di Osaka, sang gitaris, Hero meninggalkan Laruku pada 12 Juni 1992. Kemudian Tetsuya meyakinkan temannya, Ken, yang saat itu sedang mengambil studi arsitektur di Nagoya Institute of Technology untuk mengisi posisi lowong yang ditinggalkan oleh Hiro, dan akhirnya ia setuju untuk bergabung sebagai gitaris Laruku. Tapi, lagi – lagi mereka ditinggalkan oleh sang drummer, Pero, pada 30 Desember 1992, dan karena itu posisinya itu langsung digantikan oleh Sakura pada tahun 1993.

Dengan formasi tersebut Laruku merilis album debut mereka ”Dune” dibawah indie label ”Danger Crue”. Album ini sukses dan langsung memuncaki tangga lagu indie, Oricon, kesuksesan mereka membuatnya dilirik oleh beberapa major label. Dan pada 1994 mereka bergabung dengan ”Sony” dan merilis album keduanya, ”Tierra”. Dan berturut – turut ”Heavenly” (1995) dan ”True” (1996) menjadi jawara dengan penjualan sebanyak satu juta kopi.

Prahara menimpa Laruku pada bulan Februari 1997, dimana sang drumer, Sakura, kedapatan mengonsumsi heroin, dan ia pun dipenjara atas kasusnya itu. Kemudian lewat pemberitahuan resmi akhirnya ia mengumumkan keluar dari band pada 4 Oktober 1997. Selama beberapa saat ”L’Arc~en~Ciel” menjadi trio, dengan membentuk ”The Zombies” yang selain memainkan lagu – lagu sendiri juga membawakan cover version dari band – band lain, salah satunya lagu milik Marilyn Manson, ”Irresponsible Hate Anthem”.

Dan kembalinya ”L’Arc~en~Ciel” dari vakumnya ditandai dengan konser mereka bergelar “Reincarnation 97 Live in Tokyo Dome” yang mencatatkan rekor penjualan tiket yang sold out hanya dalam waktu empat menit! Penampilan mereka di Tokyo Dome itu dihadiri 56.000 orang. Saat itu mereka memakai jasa Yukihiro (mantan drummer ”Zi:Kill” dan ”Die In Cries”) sebagai penabuh drum Laruku. Di tahun yang sama pula, mereka merilis singel ”Niji”, singel pertama semenjak Sakura keluar dari band, dan memasukkan nama Yukihiro sebagai additional member. Namun tak lama setelah singel dirilis Yukihiro akhirnya direkrut menjadi penggebuk drum resmi ”L’Arc~en~Ciel”. Dan formasi inilah yang akhirnya tetap bertahan sampai saat ini.

Pada 14 Maret 2001 Laruku merilis album ”Clicked Singles Best 13”, yang spesialnya adalah mereka mempersilakan penggemarnya memilih 12 lagu untuk dimasukkan ke dalam album tersebut secara online di seluruh Asia. Selain itu, Laruku juga sempat beberapa kali mengisi soundtrack untuk film, diantaranya film anime Rurouni Kenshin, juga mengisi closing theme untuk film ”Final Fantasy: The Spirits Within” berjudul ”Spirit Dreams Inside”. Setelah itu mereka rehat sejenak dan para anggota band banyak yang mengerjakan proyek solonya. Ken mendirikan ”Sons of All Pussys” bersama dengan mantan drumer Laruku, Sakura. Tetsuya membentuk ”Tetsu69” dan Yukihiro melahirkan band ”Acid Android”. Sedangkan sang vokalis yang selalu nampak misterius, Hyde merilis dua album solo, ”Roentgen” dan ”666” dan ia juga sempat bermain film berjudul ”Moon Child” bersama penyanyi terkenal Jepang lainnya ”Gackt” (Gakuto) dan penyanyi papan atas Taiwan ”Wang Lee Hom”. Film Moon Child ini berbau dunia kegelapan, vampire. Nampaknya ini sejalan dengan Hyde yang memang selalu tertarik dengan dunia kegelapan, salah satu contohnya adalah ketika ia juga sempat membentuk band bernama ”VAMPS” dan judul beberapa lagu di Laruku maupun proyek solo lainnya yang bertema kegelapan.

Juni 2003, Laruku menggelar tujuh konser di Tokyo yang bertajuk ”Shibuya Seven Days”, sekaligus mengumumkan akan segera merilis album terbaru mereka, setelah vakum cukup lama akibat proyek solo masing – masing personilnya. Sebagai pemanasan, mereka merilis singel pertama ”Ready Steady Go” dibulan Februari 2004, dan langsung menduduki puncak chart Oricon setelah tiga tahun ’menghilang’. Tak hanya di Jepang lagu ini pun juga tenar ke seluruh Asia. Karena itulah, Ready Steady Go juga dipakai sebagai lagu pembuka dalam anime populer ”Fullmetal Alchemist”, serta didapuk menjadi pengisi video game untuk Nintendo DS, ”Osu! Tatakae! Quendan”. Menyusul kemudian singel kedua Laruku yang juga meraup sukses ”Hitomi no Juunin” pada awal Maret. Dan akhirnya setelah pemanasan lewat kedua singel tersebut, mereka merilis album yang sudah lama dinanti – nanti, ”Smile” dibulan 31 Maret.

Pada 31 Juli 2004, ”L’Arc~en~Ciel” melakukan debut di Amerika Utara dengan tampil dalam eksebisi tahunan Anime ”Otakon”, yang diadakan di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat. Konsernya yang digelar di ”1st Mariner Arena” dipadati sekitar 12.000 penonton, dan mereka juga merupakan band Jepang pertama yang tampil di arena tersebut. Selama dua dekade malang melintang di industri musik, Laruku telah menelurkan 40 buah singel dan 12 album studio dan menghasilkan banyak singel hits, diantaranya ”Niji”, ”Kaze ni Kieaide”, ”Winter Fall”, ”Honey”, ”Snow Drop”, ”Love Flies”, ”Hitomi no Juunin”, ”Jiyuu e no Shoutai”, ”New Word”, ”Killing Me”, ”Bless”, ”Drink It Down”, dan tentu saja ”Ready Steady Go”.

Sekarang siapa tak kenal Laruku, band ini begitu terkenal dan banyak digandrungi sejak demam J-Pop melanda Tanah Air pada awal abad 21. Saat itu cukup banyak band- band lokal yang terinspirasi dari konsep bermusik Laruku, dan gayanya yang khas anime, termasuk J-Rocks. Sekarang ”L’Arc~en~Ciel” tengah berkeliling dunia di beberapa negara dalam rangkaian Tur Konser Anniversary mereka, seperti Taipei, Seoul, Hongkong, Singapura, Shanghai, Bangkok, New York, London, Paris, dll. Sebelumnya Laruku tidak memasukkan nama Indonesia dalam jadwal tur dunia mereka, dan sebagai gantinya pada tanggal 3 dan 10 Desember 2011 lalu, telah diputar film konser mereka yang dinamakan ”L’Arc~en~Ciel Concert Movie” di XXI Epicentrum Kuningan. Film konser tersebut merupakan dokumentasi dari konser “20th L’Anniversary Live” yang telah bergulir sejak 28 – 29 Mei 2011 di Tokyo. Namun sekarang kepastian sudah terjawab, ”L’Arc~en~Ciel” akan menggoyang Jakarta untuk pertama kalinya Mei tahun ini.

Ready, Steady… Go!!!

Sumber : informasitips.com

- Advertisement -

Kuliner Bandung

Santap Kuliner Angkringan ala Malioboro All U Can Eat di Mercure Bandung City Centre

KULINER, infobdg.com - Ada yang baru lagi nih di Mercure Bandung City Centre! Setelah sukses dengan angkringan Kardiman, Mercure Bandung City Centre kini kembali...

Sensasi Baru Santap Kuliner Khas Jepang di Urban Ninja Japanese Fusion

KULINER, infobdg.com - Wargi Bandung pecinta masakan Jepang? Berarti wajib banget cobain kuliner di resto baru berkonsep Jepang yang satu ini! Adalah Urban Ninja,...

Non Kitchen & Coffee Hadir Kembali, Cafe Cozy Buat Para Milenial Bandung

KULINER, infobdg.com - Masih ingat dengan Non Kitchen & Coffee? Yup! Cafe cozy buat para milenial di daerah Simpang Lima, Ahmad Yani, Bandung ini...