Masuk Tahun Ajaran Baru, Disdik Kota Bandung Siapkan MPLS Online

Berita Lainnya

Digelar Sampai Akhir September, Ini Sederet Promo Acer Day 2020

BANDUNG, infobdg.com - Wargi Bandung pecinta produk Acer? Pas banget! Karena tahun ini, gelaran rutin Acer Day bakal berlangsung sampai akhir September 2020. Acer Day...

Ridwan Kamil Pimpin Safari Kebhinekaan Pertama di Jabar

KAB. INDRAMAYU, infobdg.com -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memimpin safari kebhinekaan pertama di Jabar yang digelar mulai dari Islamic Centre Indramayu, Vihara Dharma...

Konflik PERSIB dan 36 PS Memanas, Ini Tanggapan Eko Maung

BANDUNG, infobdg.com - Konflik antara 36 Persatuan Sepak Bola (PS) dengan PT. Persib Bandung Bermartabat (PBB) kini tengah mencuat ke publik. 36 PS disebut...

Taste Test: Pertarungan Minuman Boba x Donat Kampung

BANDUNG, infobdg.com - Masih ingat lagu Joshua Suherman yang liriknya, "Bulet-bulet bolong tengahe, namanya kue donat"? Yap, sesuai lirik lagu anak-anak itu, kali ini...

BANDUNG, infobdg.com – Mulai hari ini, Senin (13/4), para siswa sekolah di Kota Bandung memasuki tahun ajaran baru 2020/2021. Sejalan dengan rekomendasi Gugus Tugas Covid-19, sistem pembelajaran masih dilakukan secara jarak jauh.

Foto: Humas Kota Bandung

Dikatakan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung, Hikmat Ginanjar, bahwa Kota Bandung masih menerapkan skema Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sebab, Kota Bandung masih berstatus zona biru. Meski begitu, ia memastikan seluruh perangkat pembelajaran sudah siap.

“Baik guru, tenaga kependidikan, dan orang tua insyaallah sudah siap sebagaimana yang sudah dilakukan pada tahun ajaran lalu,” tutur Hikmat, Senin (13/7).

Sebelum memulai kegiatan belajar mengajar, para siswa baru akan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama tiga hari. Materinya telah disiapkan oleh Disdik, bekerja sama dengan tiap-tiap sekolah.

“Setiap sekolah sudah kami berikan pedoman MPLS-nya,” ujarnya.

Selama masa MPLS, siswa baru akan diperkenalkan dengan lingkungan sekolah, khususnya warga sekolah, seperti kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya. Dengan begitu diharapkan siswa akan mengenal lingkungan sekolah dengan baik.

Hikmat pun mengaku telah mengevaluasi PJJ periode sebelumnya. Ia mengapresiasi semua pihak yang telah menyukseskan PJJ, baik pendidik, tenaga kependidikan, siswa, maupun orang tua.

“Saya mengapresiasi para pendidik, tenaga kependidikan, siswa, dan orang tua yang sudah bekerja sama menyelenggarakan belajar mengajar sekalipun harus PJJ. Kerja sama ini telah menjadi kolaborasi yang sangat bagus dan para seerta didik telah lulus dengan baik,” ucap Hikmat.

Di sisi lain, metode online yang juga dilakukan terhadap sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dipandang mampu menekan angka penyebaran Covid-19. Meski terjadi dinamika, tapi semua pihak bisa bekerja sama dan saling mendukung.

“Yang luar biasa adalah PPDB online kemarin. Kita mampu menyelenggarakannya dan memutus rantai penyebaran Covid-19 khususnya untuk pelajar. Indikatornya tidak ada peserta didik yang terpapar covid,” imbuh dia.

Oleh karenanya, Hikmat meminta seluruh komponen belajar-mengajar untuk melanjutkan kerja sama yang baik ini dalam melaksanakan PJJ di tahun ajaran baru. Ia berharap, seluruh pihak dapat menyesuaikan diri di tengah pandemi yang belum berakhir ini.

“Diharapkan kerja sama semua pihak. Tentu kita semua ingin segera normal. Kita tidak bisa terlalu berharap ideal tapi harus mampu beradaptasi dengan situasi saat ini, salah satu metodenya dengan internet,” tandas Hikmat.

- Advertisement -
- Advertisement -

Kuliner Bandung #DirumahAja

Keiko Food: Tetap Bisa Menikmati Suki Dimana Saja

KULINER, infobdg.com - Setelah sekian lama mimin nggak makan yang berkuah, gurih, dan juga pedas, akhirnya sekarang kesampaian juga. Mimin kemarin habis coba menu suki...

Troistan: Stok Dessert Kekinian Walau #DiRumahAja

KULINER, infobdg.com - Ingin dessert kekinian yang bisa disimpan di lemari es dan bisa dimakan kapan aja? Troistan ini cocok banget buat stok dessert-nya...

Bacikom: Nikmati Baso Aci Instan Saat #DiRumahAja

KULINER, infobdg.com - Wargi Bandung lagi kangen jajan baso aci nggak nih? Mimin mau kasih tahu baso aci instan yang bisa Wargi Bandung nikmati...