- Advertisement -

Menuju HANI 2021, Kolaborasi BNN Kota Bandung Bersama Masyarakat Nyatakan Perang Lawan Narkoba

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – Jelang peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) pada 26 Juni mendatang, BNN Kota Bandung bersama masyarakat Kota Bandung dari berbagai komunitas melakukan kolaborasi inovasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

- Advertisement -

Sebagaimana tema yang diangkat untuk HANI 2021 adalah “War On Drugs”, kolaborasi ini dilakukan untuk menyuarakan Perang Melawan Narkoba. Bentuk peran serta masyarakat ini pun beragam. Salah satunya adalah terlaksananya kegiatan “Gowes Jabar Bersinar” oleh komunitas Federalis Bandung Indonesia selama 5 hari pada 26-30 Mei 2021, yang melintasi beberapa kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Barat.

Penyambutan kedatangan tim Gowes Jabar Bersinar ini dilakukan di area Gedung Sate pada Minggu (30/5), dan dihadiri langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol Jabar, Bambang Sukardi, serta Kepala BNN Kota Bandung, AKBP Deni Yus Danial.

Dalam kegiatan ini pun, tim Gowes Jabar Bersinar yang terdiri dari komunitas Sikasep Bersinar (Silaturahmi Komunitas Pesepeda Bersih Narkoba) berikrar untuk menyatakan Kota Bandung Juara dan Bersih Narkoba.

Tentunya kegiatan ini diapresiasi penuh oleh pihak Pemprov Jawa Barat, khususnya Kaban Kesbangpol Jabar, Bambang Sukardi. Ia mengatakan, narkoba harus diperangi mulai dari lingkup paling kecil, yakni keluarga hingga ke RT dan RW. Kontribusi masyarakat pun sangat dibutuhkan dalam memutus rantai narkoba di wilayah masing-masing.

“Narkoba ini masalah darurat. Karena darurat, maka tidak ada kata lain selain gotong royong. Semoga apa yang sudah diinisiasi awal oleh komunitas pesepeda ini bisa mendukung upaya P4GN,” beber Bambang, dalam sambutannya.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi telah menyatakan Indonesia Darurat Narkoba. Minimnya implementasi P4GN di wilayah-wilayah pun akhirnya menjadi latar belakang dari dibentuknya kolaborasi antar masyarakat dan unsur pemerintah dalam memerangi narkoba.

“Merujuk Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020, mewajibkan seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota di Indonesia melaksanakan penguatan P4GN, melalui Rencana Aksi Nasional P4GN tahun 2020-2024 dan merujuk Permendagri Nomor 12 Tahun 2019, menuntut peran pemerintah daerah beserta masyarakat, wajib melaksanakan fasilitasi P4GN,” tegas Kepala BNN Kota Bandung, AKBP Deni Yus Danial, saat ditemui di sela-sela acara.

Melalui kegiatan ini pun, BNN Kota Bandung bersama komunitas masyarakat Kota Bandung mengajak seluruh warga untuk ikut serta berperan aktif dalam kegiatan P4GN melalui penandatanganan Petisi Online “Selamatkan Generasi Bangsa, Saatnya Perang Melawan Narkoba untuk Jawa Barat Bersih Narkoba”.

Petisi ini berupa seruan untuk para pemimpin daerah di Jawa Barat agar dengan penuh rasa tanggung jawab melaksanakan Rencana Aksi Nasional P4GN di daerah kabupaten/kotanya masing-masing. Petisi ini dibacakan di hadapan Pemprov Jawa Barat dan Pemkot Bandung.

“Tanggung jawab kita bersama, bukan hanya BNN saja untuk melakukan implementasi P4GN. Tugas BNN adalah menggerakkan dan menyatukan berbagai pihak agar P4GN hadir di Kota Bandung sehingga terwujud Kota Bandung yang unggul, nyaman, sejahtera, dan agamis, serta bersinar (Bersih Narkoba),” tutup AKBP Deni.

- Advertisement -
714,036FollowersFollow
2,532,015FollowersFollow
43,650SubscribersSubscribe
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisement -
- Advertisement -