- Advertisement -

Ngeliwet Sunda Di Rumah Hasil Buatan Sendiri? Cobain Resep Praktis Ini!

Berita Lainnya

KULINER, infobdg.com – Wargi Bandung atau wisatawan yang pernah berkunjung ke Bandung pasti memiliki kesan tersendiri saat menikmati hidangan Nasi Liwet Sunda, olahan nasi satu ini selalu membuat penikmatnya untuk menambah porsi karena rasanya yang enak dan legit.

Seperti ungkapan ‘Makanan lezat bisa mempersatukan orang-orang’, Nasi Liwet khas Sunda pun sangat erat dengan kebersamaan karena umumnya sajian nasi ini ada saat momen atau perayaan tertentu seperti syukuran, kumpul keluarga dan kerabat serta lainnya.

Hal ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat Sunda itu sendiri, Nasi Liwet dibuat dengan dengan porsi yang banyak serta dilengkapi dengan sajian lauk pauk dan lalapan. Bagi Wargi Bandung yang sedang merantau atau pun masyarakat luar Bandung mungkin kangen dan ingin makan lagi nasi liwet ini, tak perlu khawatir karena kali ini Tim Infobdg akan memberi resep nasi liwet praktis yang bisa kalian coba buat sendiri tanpa menggunakan kastrol namun dengan alat yang biasa ada di rumah masing-masing yaitu magicom atau rice cooker. Berikut ini adalah bahan dan cara pembuatannya.

Bahan:
– 500 Gram Beras
– 2 siung bawang merah potong besar
– 1 siung bawang putih potong besar
– 2 lembar daun salam
– 2 buah cabai merah utuh
– 4-5 buah cabai rawit utuh (sesuai selera)
– Daun kemangi secukupnya (opsional)
– Garam dan penyedap rasa secukupnya (sesuai selera)
– 1 batang serai, digeprek dan simpulkan
– 1 sendok makan mentega
– 50 Gram teri medan digoreng (atau bisa menggunakan jenin ikan asin lainnya seperti asin peda, jambal roti, cumi asin dll.)

Cara membuat:
Pertama, siapkan bawang merah, bawang putih, serai, daun salam, cabai merah dan cabai rawit untuk ditumis sebentar, tidak perlu sampai matang hanya untuk mengeluarkan aromanya saja. Selanjutnya, cuci bersih beras lalu masukan kedalam wadah magicom/ rice cooker, tambahkan air bersih secukupnya seperti memasak nasi putih biasa.

Masukkan bahan yang sudah ditumis tadi kedalam nasi lalu masukan juga daun kemangi dan taburkan separuh dari teri medan (25 gram) yang sudah digoreng serta 1 sendok makan mentega dan diberi bumbu garam, kaldu bubuk/ penyedap rasa dan merica secukupnya ke dalam nasi, pastikan nasi dan bahan yang sudah dimasukan tidak diaduk agar nasi bisa matang dengan merata. Tutup dan tekan tombol cook-nya, tunggu hingga nasinya matang.

Selagi menunggu Wargi Bandung bisa menggoreng bawang merah sebagai pelengkap. Setelah nasi liwetnya matang Wargi Bandung bisa menanak nasi dan mengaduk semua bahan yang ada agar merata dan menjadikan nasi liwetnya pulen. Terakhir taburkan bawang goreng dan sebagian ikan teri goreng yang sudah disiapkan tadi dan Nasi Liwet Sunda pun sudah jadi!

Bagaimana, cukup mudah untuk diikuti bukan? Jangan lupa save resepnya dan coba membuatnya sendiri di rumah ya, selamat mencoba!

714,036FollowersFollow
2,569,403FollowersFollow
43,650SubscribersSubscribe
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img