Tuesday, July 7, 2020

Pemerintah Pusat Bakal Perpanjang Penyaluran Bansos Hingga Desember 2020

Berita Lainnya

Begini Pola Asuh Anak di Tengah Pandemi Covid-19

BANDUNG, infobdg.com – Meski di tengah pandemo, orang tua harus menyesuaikan pola asuh anak dan memperhatikan tumbuh kembang anak. Hal ini ditekankan oleh Ketua TP...

Kota Bandung Masuk Zona Biru, Ema: Warga Jangan Dulu Euforia

BANDUNG, infobdg.com - Level kewaspadaan penularam Covid-19 di Kota Bandung saat ini telah mencapai zona Biru. Meski begitu, Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna, tetap...

Pilkada di Tengah Pandemi, Ridwan Kamil: Utamakan Keselamatan Warga

BANDUNG, infobdg.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan tetap dilaksanakan, meski masih di tengah pandemi Covid-19. Untuk itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan,...

AKB, Gugus Tugas Imbau Warga Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

BANDUNG, infobdg.com - menuju masa transisi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, jaga jarak, dan cuci tangan...

KBB, infobdg.com – Pemerintah resmi memperpanjang penyaluran bantuan sosial (bansos) tunai dan sembako di masa pandemi Covid-19 hingga Desember 2020.

Ilustrasi: Humas Kota Bandung

Hal ini dipastikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jumat (29/5).

Untuk diketahui, awalnya bansos hanya diberikan mulai April hingga Juni 2020 dengan total Rp 600 Ribu. Berikutnya, nominal bansos untuk Juli-Desember akan berkurang menjadi Rp 300 Ribu.

“Jadi untuk memutus bantuan ini sambil menunggu pemulihan ekonomi akan kita lakukan secara bertahap, tidak langsung diputus (dihentikan),” ungkap Muhadjir.

Untuk warga yang masuk dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yang baru (miskin baru), akan terlebih dahulu didata oleh RT/RW. Bagi yang memenuhi syarat dan akan dipermanenkan, maka akan dimasukkan ke daftar DTKS.

“Tapi untuk mereka yang terdampak Covid-19 tapi kemudian (ekonominya) bisa pulih, akan dapat bansos sampai Desember saja,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Sosial (Mensos), Juliari P. Batubara pun berujar, bahwa pihaknya telah menemui sejumlah kendala di lapangan terkait penyaluran bansos, salah satunya masalah akurasi data di awal-awal penyaluran program.

Namun, kendala tersebut saat ini bisa ditangani berkat koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, mulai dari provinsi hingga kabupaten/kota. Pemerintah pun terus melakukan evaluasi dalam penyaluran bansos.

“Jika dalam penyaluran BST dan sembako ada kendala penerima, tinggal diperbaiki oleh Pemda data penerima agar tahap berikutnya lebih tepat sasaran,” kata Juliari.

Salah seorang warga KBB, Asep, pun mengaku senang bisa menerima bantuan tunai. Ia mengatakan akan memanfaatkan bantuan tersebut untuk memenuhi keperluan sehari-hari.

“Saya senang sekali bisa menerima bantuan dari pemerintah yang akan digunakan memenuhi keperluan sehari-hari, bisa untuk beli sembako,” kata Asep.

- Advertisement -
- Advertisement -

Kuliner Bandung #DirumahAja

Keiko Food: Tetap Bisa Menikmati Suki Dimana Saja

KULINER, infobdg.com - Setelah sekian lama mimin nggak makan yang berkuah, gurih, dan juga pedas, akhirnya sekarang kesampaian juga. Mimin kemarin habis coba menu suki...

Troistan: Stok Dessert Kekinian Walau #DiRumahAja

KULINER, infobdg.com - Ingin dessert kekinian yang bisa disimpan di lemari es dan bisa dimakan kapan aja? Troistan ini cocok banget buat stok dessert-nya...

Bacikom: Nikmati Baso Aci Instan Saat #DiRumahAja

KULINER, infobdg.com - Wargi Bandung lagi kangen jajan baso aci nggak nih? Mimin mau kasih tahu baso aci instan yang bisa Wargi Bandung nikmati...