- Advertisement -

Pemkot Bandung Terapkan Friday Car Free di Balai Kota Mulai Jumat Ini

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menerapkan program hari bebas kendaraan atau Friday Car Free di lingkungan Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, dan Kompleks Perkantoran Jalan Cianjur mulai Jumat, 17 Mei 2024.

Program ini diberlakukan untuk seluruh pimpinan dan pegawai yang berkantor di kedua lokasi tersebut.

Kepala Bagian Umum Setda Kota Bandung, Syukur Sabar, menjelaskan bahwa pelaksanaan Friday Car Free ini bertujuan untuk mendorong penggunaan angkutan umum di kalangan pegawai serta mengurangi polusi kendaraan.

“Setiap Jumat tidak boleh ada kendaraan bermesin, baik roda dua maupun roda empat, yang parkir di Balai Kota Bandung dan perkantoran Jalan Cianjur,” ujarnya, dalam acara Bandung Menjawab di Balai Kota pada Rabu (15/5).

Syukur mengungkapkan, saat ini terdapat sekitar 1.200 pegawai yang bekerja di Balai Kota Bandung, dengan total 300 kendaraan roda empat dan 900 kendaraan roda dua.

“Untuk kantor pemerintahan yang lain juga diimbau untuk melakukan hal serupa,” tambahnya.

Kendaraan yang dilarang memasuki area Balai Kota kecuali masyarakat yang akan berobat ke puskesmas dan kendaraan ambulans.

“Sedangkan tamu yang akan datang, bisa diturunkan di Taman Dewi Sartika dan selanjutnya kendaraan harus keluar dari area Balai Kota Bandung,” jelas Syukur.

Bagi masyarakat yang ingin berobat ke puskesmas Balai Kota, kendaraan mereka akan diberikan stiker khusus, namun petugas puskesmas seperti dokter dan perawat juga tidak diperbolehkan membawa kendaraan pribadi.

Dalam rangka persiapan pelaksanaan Friday Car Free, survei telah dilakukan terhadap seluruh pegawai. Mereka diberikan kebebasan memilih moda transportasi umum seperti sepeda, angkut, bus, kereta api, maupun angkutan publik lainnya.

“Nanti para pegawai akan memakai angkutan umum. Ada yang pakai sepeda atau jalan kaki ke kantor. Pegawai dapat menggunakan transportasi yang disediakan,” katanya.

Untuk mendukung mobilitas pegawai, Bagian Umum Setda Kota Bandung menyiapkan empat kendaraan angkutan pegawai berupa dua unit Hiace dan dua unit minibus. Kendaraan tersebut akan mengantarkan karyawan dari beberapa titik penjemputan, seperti Terminal Ledeng, Pajajaran, Antapani, Cicaheum, dan Leuwipanjang.

Syukur menekankan pentingnya ketaatan seluruh karyawan terhadap pelaksanaan Friday Car Free ini.

“Bagi karyawan yang melanggar akan diberikan sanksi sesuai dengan aturan kepegawaian yang berlaku,” tegasnya.

Jika penerapan ini berjalan lancar, rencananya akan diberlakukan di seluruh kantor Pemkot Bandung.

Dengan program ini, diharapkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat menjadi teladan bagi masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum serta menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan bebas polusi.

“Harapannya, lingkungan lebih bersih dan suasana yang berbeda untuk olahraga lebih nyaman,” tutup Syukur.***