- Advertisement -

Rilis Single “Mencekam”, Taruk Siapkan Kengerian di Album Perdana

Berita Lainnya

MUSIK, infobdg.com – “Akulah sudut tak terhingga yang menekuk siku semesta. Tunggangi surya, bakar! Bakar! Demi masa, ‘ku akan besar.”

Sepenggal lirik tersebut merupakan bagian dari single berjudul “Mencekam”, milik Taruk, grup musik hardcore punk/metal asal Kota Bandung.

- Advertisement -

Single yang digarap pada tahun 2019 ini merupakan satu lagu yang dirilis sebagai perkenalan jelang peluncuran album perdana “Bara dalam Lebam” oleh Grimloc Records pada 2 Maret 2021.

“Mencekam” yang berdurasi selama 4 menit 20 detik ini dikemas dengan hentakan drum d-beat yang dipadukan dengan bomb blast, distorsi kotor ala HM-2, bass yang bulat dan mengawang, serta vokal yang cukup memekakan telinga penikmatnya.

Bobby sebagai Gitaris mengatakan bahwa single “Mencekam” ini memiliki makna tentang seseorang yang sedang pada titik terendah hidupnya. “Satu sisi, ia berharap datangnya kekuatan besar guna menaklukan dunia. Di sisi lain, ia mesti bergulat dengan nasib dan membayangkan dirinya bahagia,” lanjut Bobby.

“Single ini juga menyiratkan tentang sebuah tendensi kemarahan yang muncul dalam sisi tergelap manusia” ucap Karel sebagai Vokalis, menambahkan.

Hal ini diperkuat lewat caranya bernyanyi dan merapalkan lirik demi lirik pada setiap bait lagu.

Penggarapan Single “Mencekam”

Berdasarkan prosesnya, “Mencekam” merupakan salah satu dari 10 lagu yang direkam Taruk pada akhir tahun 2019 di Funhouse Studio oleh Edo Djatmika. Ia juga berperan pada departemen mixing dan mastering yang berlangsung hingga awal tahun 2021.

Adul sebagai drummer mengatakan single ini merupakan lagu awal yang digarap dalam album Bara dalam Lebam. “Mencekam merupakan lagu awal yang kami garap sekaligus menjadi single. Ini juga jadi warna baru di musik kami dan jadi acuan dari beberapa trek lainnya,” ucap pria bernama lengkap M. Matin Mahran.

“Mencekam” juga sebagai pengingat lagu pertama yang digarap bersama bassist M. Zulyadri Rakhman “Boy” saat pertama kali dirinya bergabung pada 2019 lalu. Lewat single ini Taruk berupaya memantapkan diri demi mencapai penampilan terbaiknya setelah Sumpal EP.

Batu Pijak Menuju Bara dalam Lebam

Seluruh lagu di dalam album Bara dalam Lebam, termasuk “Mencekam”, merupakan hasil eksperimen dari keempat personel dengan latar belakang musik yang berbeda.

“Kami bermain-main dengan berbagai macam genre, kesukaan pribadi, dan apapun yang tampak menarik dalam nalar. Selain kaidah hardcore punk pada umumnya, kami menyajikan riff metal klasik, irama post-punk, sayatan biola yang muram, dan lain-lain,” Bobby menjelaskan secara singkat tentang seluruh lagu yang ada di album ini.

Wargi Bandung yang ingin menikmati single “Mencekam” bisa mendengarkan lewat platform musik digital.

- Advertisement -
710,465FollowersFollow
2,521,261FollowersFollow
41,450SubscribersSubscribe
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisement -

Kuliner Bandung

- Advertisement -