EVENT, infobdg.com – Di penghujung tahun 2019, Satlantas Polrestabes Bandung menginisiasi acara bertajuk BXS Pakuan Road Safety and Stunt Gathering Nasional 2019. Acara ini dilaksanakan pada di 14-15 Desember 2019 kemarin di halaman Gedung Sate, Jl Diponegoro.

Acara ini dibuka oleh Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema S.IK.MH dan dihadiri oleh Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Eddy Djunaedi. Bentuk kegiatan ini diisi oleh lomba freestyle, roadsafety coaching clinic, dan juga pembacaan deklarasi keselamatan berlalu lintas.

Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo SH.S.IK.MM mengatakan, selain untuk mewadahi atlit-atlit motor freestyle, acara iniĀ juga untuk menyatukan visi dan misi menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas di Kota Bandung.

“Kami, Satlantas Polrestabes Bandung ingin menjadi wadah untuk para atlit freestyle dan juga kita ingin komunitas-komunitas sepeda motor di Kota Bandung ini punya satu visi dan misi yang sama, yaitu menciptakan kemananan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Kota Bandung ini,” ucapnya saat ditemui di Bandung, Minggu (15/12).

Kegiatan ini juga mengumpulkan 177 klub motor di daerah Kota Bandung dan beberapa klub freestyle yang berada di luar Jawa Barat. Hampir 1000 anggota klub dan juga 103 atlit freestyle di dalamnya. Acara ini juga bermaksud untuk menghilangkan keegoisan antar klub motor juga menjadi salah satu tujuan dari acara ini.

“Alhamdulillah kami berhasil mengumpulkan 177 klub motor dan hampir 1000 orang di dalamnya yang ada di Kota Bandung, dan juga atlit-atlit freestyle di luar Jawa Barat. Ada yang dari Pekanbaru, Lampung, Semarang, Kalimantan, Bali, dan juga Papua. Kita berharap dengan kegiatan ini juga bisa menghilangkan keegoisan dan ekslusifitas antar klub motor dan mengalihkan hal-hal tersebut menjadi positif dengan memperindah situasi di Kota Bandung dengan bersama-sama lebih tertib, nyaman, dan kemudian situasi Kamtibmas di Kota Bandung lebih kondusif,” ucap Bayu.

Yang tidak kalah menariknya adalah adanya pengucapan dan penandatanganan deklarasi keselamatan berlalu lintas yang dilakukan oleh seluruh klub motor yang hadir di acara tersebut. Menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan fatalitas korban kecelakaan lalu lintas adalah tujuan utamanya.

“Kemarin kita juga melaksanakan pembacaan ikrar dalam deklarasi keselamatan berlalu lintas bersama seluruh anggota klub motor, pembacaan ini dari dalam hati terdalam dan keluar dari mulut mereka, sehingga bisa jadi pelopor keselamatanĀ  bagi diri sendiri dan orang lain ketika berkendara,” pungkasnya