Budayakan “Safety Driving” Saat Mudik

Berita Lainnya

Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Gerakkan Pemuda Bandung Bebersih Masjid dan Pesantren

BANDUNG, Infobdg.com - Jelang peringatan ke-92 Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2020 ini, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung akan melaksanakan gerakan bersih-bersih...

Pemkot Bakal Terus Bersihkan Aliran Air Kawasan Sukamulya

BANDUNG, infobdg.com - Untuk meminimalisir terjadinya genangan air saat hujan di Sukamulya, Kecamatan Sukajadi, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan terus membersihkan saluran air kawasan...

Meski AKB, Yana Pastikan Layanan Administrasi Kependudukan Tetap Optimal

BANDUNG, infobdg.com - Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, memastikan pelayanan publik Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tetap berjalan optimal meski masih di masa Adaptasi...

Kapolrestabes Pimpin Upacara Sertijab Pejabat Di Lingkungan Polrestabes Bandung

BANDUNG, infobdgcom – Kapolrestabes Bandung Kombes. Pol. Ulung Sampurna Jaya, S.I.K., M.H. pimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) pejabat di lingkungan Polrestabes Bandung. Sertijab...

BANDUNG, infobdg.com – Tanpa disadari, seringkali dalam berkendara kamu mengabaikan hal-hal penting yang sangat berguna bagi keselamatan. Apalagi disaat kamu pergi mudik ke kampung halaman untuk berkumpul bertemu dengan orang-orang kesayangan yang sudah kamu nantikan. Jangan remehkan  istilah “Safety Driving”. Gak mau kan kalo libur lebaran kamu malah berhujung tidak menyenangkan karena kelalaian yang dibuat oleh diri kamu sendiri?

Safety driving sesungguhnya tidak hanya “start” saat kamu sedang berkendara, bahkan saat sebelum berkendara juga penting loh! Infobdg akan memberikan informasi kepada kamu agar “Safety Driving” saat pulang mudik loh.  Tapi tips-tips yang diberikan tidak hanya dapat dipakai untuk saat mudik lebaran saja. Safety driving juga perlu kamu lakukan ketika kamu juga akan berpergian.

Saat mudik kendaraan yang akan kamu gunakan akan dipakai jauh dan tidak seperti pada biasanya. Keadaan yang macet membuat kendaraan kamu juga menjadi lebih lama untuk digunakan. Maka dari itu lebih baik kamu service dulu kendaraan kamu ke bengkel yang biasanya kamu melakukan service. Untuk menghindari hal-hal yang tidak kamu inginkan saat pergi mudik dan membuat kondisi kendaraan kamu fit.

TIPS MUDIK KENDARAAN mobil

Sebelum berkendara sebaiknya kamu melihat dan mengamati kondisi eksterior sekeliling kendaraan. Pastikan 4 hal berikut sudah kamu lakukan ya

  1. Memeriksa tekanan angin ban secara visual dan periksa tekanan dengan alat ukur. Hal ini setidaknya sebulan sekali untuk di lakukan.
  2. Pastikan tidak ada kotoran pada karet wiper agar kaca tidak tergores saat wiper digunakan.
  3. Apakah ada tetesan fluida di sekitar bawah kendaraan kamu, terutama jika tetesan itu berupa air berwarna pink (air radiator) atau oli.
  4. Pengecekan ruang mesin kendaraan. Hal ini seharusnya kamu lakukan secara berkala misalnya setiap 2 minggu. Jangan lupa pastikan cairan rem, oli mesin, air radiator, dan air wiper memadai diantara batas minimum dan maksimum.

Ini dia 8 hal yang harus kamu perhatikan, jangan sampai kamu menyepelekan hal-hal seperti ini ya

  1. Pastikan seat belt terpasang dengan benar agar keselamatan anda terjaga.
  2. Atur posisi duduk yang nyaman dan aman. Hindari merubah posisi duduk selama berkendara.
  3. Periksa fungsi lampu besar (head lamp), lampu belok (turn ing lamp), lampu pemberitahuan (hazard lamp),  wiper dan air meter dan combination.
  4. Periksa fungsi rem tangan, pedal kopling, gas dan rem sebelum berkendara, pastikan berfungsi dengan baik saat menginjak pedal.
  5. Pastikan posisi spion kendaraan sudah sesuai dengan jarak pandang, posisi pegangan roda kemudi, dengan posisi tangan di jam 3 dan 9 untuk memudahkan tangan mengoprasikan tuas sekitar pengemudi.
  6. Pada saat mesin mobil sudah hidup, cek panel-panel instrument kendaraan untuk memastikan tidak ada masalah pada kendaraan. Pastikan tidak ada indicator malfungsi yang menyala. Informasi lampu indicator dan peringatan pada instrument kendaraan dapat diketahui melalui buku pedoman.
  7. Selalu simpan barang-barang di laci atau bagasi agar tidak jatuh dari dashboard dan mengganggu konsentrasi mengemudi. Jangan meletakan aksesoris diatas penempatan airbag utuk menghindari kemungkinan terkena wajh saat airbag mengembang.
  8. Ikuti prosedur pengendaraan kendara anda melalui buku panduan pemilik.

Saat berkendarapun kamu harus memperhatikan 7 hal berikut  seperti ini :

  1. Jangan mengebut, patuhi batas kecepatan saat mengemudi
  2. Saling berbagi dan menjaga jarak antar kendaraan
  3. Hindari mengambil barang yang terjatuh
  4. Patuhi lampu pengatur lalu lintas
  5. Patuhi rambu-rambu lalu lintas sekeliling kamu
  6. Jangan mengendarai mobil saat mabuk atau tidak fit
  7. Hindari melakukan aktivitas pada ponsel (BBM, SMS, Line, WhatsApp) atau menerima telepon dan melakukan pengaturan navigasi atau audio saat sedang berkendara.

 

Hati-hati di jalan ya semoga selamat sampai tujuan. Selamat mudik dan sampaikan salam pada keluarga tercinta di kampung halaman. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435H.  Mohon Maaf Lahir dan Batin. ^^

- Advertisement -
- Ayo Bayar Pajak -

Kuliner Bandung #DirumahAja

Keiko Food: Tetap Bisa Menikmati Suki Dimana Saja

KULINER, infobdg.com - Setelah sekian lama mimin nggak makan yang berkuah, gurih, dan juga pedas, akhirnya sekarang kesampaian juga. Mimin kemarin habis coba menu suki...

Troistan: Stok Dessert Kekinian Walau #DiRumahAja

KULINER, infobdg.com - Ingin dessert kekinian yang bisa disimpan di lemari es dan bisa dimakan kapan aja? Troistan ini cocok banget buat stok dessert-nya...