BANDUNG, infobdg.com – Jawa Barat kini memiliki gedung pusat kemanusiaan yang dibangun di Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Gedung yang dibangun oleh Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) ini diresmikan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, pada Selasa (29/1) sore.

Foto : Humas Jabar

Pusat kemanusiaan merupakan lembaga yang dikelola AMCF di Jakarta dan dinisiasi sejak 2016 lalu. AMCF telah menjalin kerja sama formal dengan Provinsi Jawa Barat sebagai contoh pusat kemanusiaan lainnya yang akan dibangun di berbagai wilayah Indonesia dengan prinsip untuk membantu semua golongan, baik agama, usia, dan lokasi tanpa tendensi kepentingan politik.

Pusat kemanusiaan Jawa Barat pada prinsipnya ingin mendukung program pemerintah dalam memberikan akses kesehatan, pendidikan, dan kemanusiaan khususnya bagi masyarakat yang tinggal di daerah tepencil.

Pengawas AMCF, Syarif Hidayat mengatakan, pusat kemanusiaan Jawa Barat telah melakukan berbagai program kemanusiaan di kabupaten/kota untuk memberikan bantuan kepada yang membutuhkan.

“Program yang telah terlaksana seperti pelaksanaan operasi mata katarak lebih dari 1000 pasien bekerja sama dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI) Jawa Barat, pembangunan rumah untuk dhuafa, pembangunan jembatan, khitanan massal, bantuan kursi roda, pembangunan toilet umum, pembangunan tempat wudhu, pembangunan Masjid, dan berbagai layanan kemanusiaan lainnya,” terang Syarif.

Menanggapi hal tersebut, Wagub Uu sangat menyambut baik hadirnya pusat kemanusiaan AMCF ini. Ia berharap dengan ini akan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di Jawa Barat. “Ini adalah kebahagiaan bagi kami. Saya atas nama pemerintah provinsi mengucapkan terimakasih kepada AMCF yang turut membantu meringankan beban kami, khususnya dalam bidang kemanusiaan,” ujar Uu.

Foto : Humas Jabar

Uu pun berharap, AMCF dapat merambah fokus ke bidang pendidikan. Menurut Uu, pendidikan yang baik akan meningkatkan kesejahteraan yang dapat mengurangi masalah sosial.

“Gedung ini sangat megah. Mudah-mudahan gedung ini bisa dijadikan sarana pendidikan, baik pendidikan duniawi maupun pendidikan ukhrawi (akhirat). Kenapa tidak, jika gedung ini dipakai hal-hal dengan kemaslahatan lain,” kata Uu.

Dengan diresmikannya gedung pusat kemanusiaan Jawa Barat ini diharapkan menjadi tempat aktivitas kemanusiaan untuk membantu masyarakat Jawa Barat dalam program kemanusiaan atau tanggap bencana.