BANDUNG, infobdg.com – Kota Bandung terkenal sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Selain suasana kotanya yang sejuk dan santai, tempat wisatanya pun beragam. Tapi tidak hanya itu saja, Bandung juga terkenal dengan pilihan kulinernya yang beragam dan rasanya sedap.

Tim infobdg punya daftar cemilan kaki lima yang recommended dan wajib dicoba nih!

Camilan Asin

Ada banyak camilan kaki lima dengan rasa yang asin & gurih

  • Seblak

Seblak merupakan kerupuk mentah yang kemudian di masak dengan berbagai macam campuran bumbu dan kuah yang gurih. Selain itu karena rasanya yang pedas membuat seblak menjadi salah satu camilan yang paling digemari di Bandung. Tidak hanya kerupuk, seblak juga bisa ditambahkan variasi topping seperti batagor, bakso, sosis, atau juga tulang.

Beberapa seblak enak di Bandung:
– Seblak Oces (depan Mall BEC)
– Seblak Bunda (Jl Kurdi)
– Seblak Sultan (Jl Sultan Agung)

  • Lumpia Basah

Lumpia memang terkenal dari kota Semarang, tetapi lumpia yang ada di Bandung berbeda dengan lumpia dari Semarang. Lumpia asal Bandung disajikan dengan kulit lumpia yang tidak digoreng lalu ditambahkan gula merah cair. Bagian yang digoreng hanya isiannya saja, yaitu toge, bengkuang, daun bawang, bawang putih, dan telur. Bisa juga ditambahkan isian daging ayam, sosis, dan kerupuk kulit.

Lumpia basah enak di Bandung:
– Lumpia Basah Rai-Raka (Jl Burangrang)
– Lumpia Basa ITB (Jl Ganesha, depan gerbang ITB)

  • Gorengan

Makanan yang satu ini mudah didapatkan di setiap sudut Kota Bandung. Harganya yang murah dan rasanya yang enak membuat gorengan selalu menjadi favorit. Gorengan banyak pilihannya, ada bala-bala, gehu (toge tahu), tempe goreng, combro, cireng, dll. Gorengan tidak hanya yang rasa asin saja, ada juga yang rasanya manis seperti pisang goreng atau nanas goreng.

Gorengan enak di Bandung:
– Gorengan Cendana (Jl Cendana)

  • Bandros

Bandros ini kue berbentuk setengah lingkaran, adonannya terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan santan. Cocoknya jika dimakan dengan olesan saos di bagian atasnya.
Sebenarnya pilihan bandros juga ada yang rasanya manis, tetapi di Bandung lebih mudah ditemukan yang rasanya asin.

Pedagang Bandros biasanya ada di pusat keramaian seperti Alun-Alun Bandung dan Taman-taman tematik.

Camilan Manis

  • Bola Ubi

Diberi nama “Bola Ubi” karena panganan yang ini berbentuk bulat seperti bola yang di dalamnya berisikan adonan ubi dan gula. Bola Ubi ini disajikan dengan digoreng dan nikmat dimakan saat masih hangat.

Bola ubi rekomendasi:
– Bola Ubi Gardujati
– Bola Ubi Cibadak

  • Wedang Ronde

Minuman yang satu ini cocok dimakan saat malam hari atau cuaca dingin. Hangat dari kuah jahenya cukup untuk membuat segar tubuh. Selain itu bola-bola mochi yang lembut dan nikmat menambah lezat rasa dari wedang ronde.

Wedang ronde favorit di Bandung:
– Wedang Ronde Alkateri (Jl Alkateri & Cibadak)

  • Bandrek & Bajigur

Hampir sama seperti wedang ronde, bandrek dan bajigur merupakan minuman yang cocok untuk menghangatkan badan. Bandrek merupakan minuman dengan bahan dasar jahe dan gula merah, biasanya disajikan dengan sedikit tambahan kelapa.

Sedangkan bajigur bahan dasarnya adalah gula aren dan santan. Biasanya di dalam segelas bajigur, ditambahkan kolang-kaling.

Bandrek dan bajigur rekomendasi:
– Bandrek & Bajigur Two AA (Jl A. Yani, dekat perempatan Jl Supratman)
– Bandrek Bajigur H. Kodir (Jl Cisangkuy)

  • Awug

Makanan ini dibuat dari campuran tepung beras, gula merah, dan kelapa parut.
Tetapi terkadang ada juga yang ditambahkan perasa makanan seperti rasa pandan, sehingga rasanya lebih variatif.

Awug paling terkenal di Bandung:
– Awug Cibeunying (Jl A. Yani)

  • Kue Balok

Diberi nama kue balok, karena makanan yang satu ini bentuknya memang seperti balok kayu, meskipun ukuran kuenya kecil. Kue balok memang sudah terkenal dari lama, bahkan sejak jaman penjajahan dulu. Saat ini kue balok memiliki varian rasa yang lebih banyak. Ada rasa coklat, green tea, dan juga keju.

Kue Balok favorit di Bandung:
– Kue Balok Kang Didin (Jl Abdul Rahman Saleh no 52, Pajajaran)
– Kue Balok Regol Nusasari (Jl Moch Toha, depan Polsekta Regol)

Komentar

Total Komentar