“Kawah Putih” Tempat Wisata Indah di Bandung Selatan

0

kawah_putih5

 

BANDUNG – infobdg.com. Liburan di Bandung mungkin sudah biasa bagi kebanyakan orang, apalagi wisatawan dari Jakarta. Sejak di bukanya tol Cipularang akses Jakarta menuju Bandung bisa ditempuh hanya dengan waktu sekitar 2 – 3 jam saja.

Biasanya tujuan utama para pelancong ini adalah berbelanja atau menikmati wisata kuliner di Bandung. Tapi banyak tempat wisata di Bandung yang sangat indah yang harus didatangi oleh para wisatawan dari luar maupun wisatawan dari Bandung sendiri. Salah satu destinasi wisatanya adalah Kawah Putih.

wisata-bandung-kawah-putihKawah Putih terletak di daerah Ciwidey, Bandung selatan. Jaraknya sekitar 48 kilometer dari pusat Kota Bandung dan bisa ditempuh selama 1,5 jam. Untuk sampai di kawah putih pengunjung bisa menggunakan route perjalanan sebagai berikut: Pengunjung dapat melewati Kopo Sayati dan dilanjutkan ke Soreang, dari Soreang dilanjutkan ke Ciwidey dan sampailah di lokasi kawah putih. Jika menggunakan kendaraan roda empat bisa melewati tol Kopo dan seterusnya mengikuti route yang sama.

Kawah putih merupakan sebuah danau hasil letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warnaKawah Putih sendiri berada pada ketinggian sekitar 2.400 meter dpl, menjadikan suasana di objek wisata ini begitu sejuk dengan suhu antara 8 – 22 derajat Celcius. Pemandangan kawahnya pun begitu indah. Kadangkala dihiasi dengan kabut yang turun di atas kawah.

kawah-putih-ciwidey1Untuk memasuki kawah putih pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp15 ribu per orang untuk wisatawan lokal dan Rp30 ribu untuk turis asing. Bagi  yang menggunakan mobil ke Kawah Putih ini harap menyiapkan dana lebih untuk ongkos parkir, karena untuk memarkir mobil di tempat parkir atas, ditarik tarif Rp150 ribu, harga yang sangat mahal untuk sekadar biaya parkir.

Sebenarnya disediakan tempat parkir yang murah di kawasan wisata ini, yaitu di dekat pintu masuk, namun jaraknya masih jauh sekitar 5-6 kilometer dari lokasi kawah. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan umum, hanya bisa berhenti di depan pintu masuk dan dilanjutkan dengan naik mobil khusus yang disediakan disana dengan ongkos Rp10 ribu per orang sampai di lokasi kawah. Objek wisata ini buka tiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Bagaimana tertarik menghabiskan akhir pekan di Kawah Putih?

Sumber : rri.co.id 

 

Komentar

Total Komentar