BANDUNG, infobdg.com – Kota bandung memiliki banyak informasi sejarah yang bisa dipelajari. Museum Kota Bandung kini menjadi tempat wisata baru yang wajib di kunjungi untuk bisa belajar sejarah Kota Bandung.

Kota Bandung memiliki museum baru yang berlokasikan di Jalan Aceh no 47-49. Museum yang baru saja di resmikan pada 31 Oktober lalu ini sudah banyak dikunjungi Wargi Bandung. Museum Kota Bandung didirikan di bangunan bekas Diaspora dan mempertahankan gaya bangunan yang masih lekat dengan tahun 1920-an.

Konsep Museum Kota Bandung ini cukup unik jika dibandingkan dengan museum-museum lainnya yang ada di Kota Bandung. Mengikuti perkembangan jaman, tampilan di dalam museum di fokuskan di segi aspek visual dan pengemasan yang modern membuat para pengunjung yang mendatanginya akan merasa takjub. Informasi-informasi sejarah dan pengetahuan menjadi lebih mudah dipahami dengan sajian yang unik dan tidak monoton.

Digagas pada tahun 2015, yang di ketuai oleh Hermawan Rianto, Museum Kota Bandung terlahir untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya yang membentuk kultur kehidupan masyarakat di Kota Bandung. Data-data yang dikumpulkan berupa foto dan video didapatkan dari perpustakaan nasional, arsip nasional, arsip dari perpustakaan KITLV (Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde) di Leiden, Belanda beserta Colletive Tropenmuseum Belanda, dan sumber lainnya.

Museum Kota Bandung terdiri dari 2 bagian yaitu bangunan Cagar Budaya yang merupakan area kunjung utama terdiri dari 4 bagian dengan tema yang berbeda pula. Pertama, menceritakan awal mula berdirinya Bandung sebagai kota, kedua Erope Introppen, Bandung Bergerak, peristiwa pergerakan-pergerakan perjuangan kemerdekaan di Kota Bandung, dan Bandung Bergiat meliputi peristiwa Kota Bandung setelah kemerdekaan.

Adapun area kedua yang masih dalam tahap pengembangan, yang berlokasi tepat di belakang area utama; gedung kedua ini memiliki 3 lantai yang nantinya direncanakan akan memuat informasi seperti aspek sosial dan budaya kota Bandung. Nantinya di area kedua Museum Kota Bandung ini juga akan dikemas secara modern dan bersifat tematik, tampilan dari museum area 2 ini secara berkala akan berubah sesuai dengan tema yang ada.

 

Komentar

Total Komentar