- Advertisement -

Teras Cihampelas Bakal Direaktivasi, Yana: Akan Ada Jalur Khusus Sepeda 

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – Teras (Skywalk) Cihampelas rencananya akan diaktivasikan kembali oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dengan konsep baru, salah satunya adalah pembuatan jalur khusus sepeda, sisi kesenian, serta menghadirkan kuliner yang lebih bervariatif.

Foto: Humas Kota Bandung

“Kita coba aktivasi skywalk tahap pertama. Mudah-mudahan dengan aktivasi kegiatan lewat seni atau budaya jadi tertarik kembali orang-orang berkegiatan di sini,” ungkap Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Jumat (29/1).

Khusus jalur sepeda, Yana berharap, Teras Cihampelas bisa menjadi destinasi baru bagi para pesepeda untuk sekadar bersantai dan sarapan.

“Kita punya niat untuk mengaktivasi kawasan ini. Karena asetnya luar biasa bagus,” kata Yana.

Sementara itu, dikatakan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Kota Bandung, Atet Dedi Handiman, bahwa Pemkot Bandung berencana menggaet pihak ketiga untuk bisa terlibat dalam penataan kembali Teras Cihampelas. Ia ingin Teras Cihampelas bisa kembali jadi destinasi wisata dan menghidupkan perekonomian Kota Bandung.

“Dari aspek pembiayaan tersedia. Selain itu kita cari juga pihak ketiga agar bisa terlibat dalam penataan ini. UKM-nya disini sudah ada. Terpenting itu, konsep dari kita sehingga PKL-nya mengikuti saat menggunakan fasilitas di sini,” ujarnya.

Saat ini, sekitar 50% PKL yang pernah berjualan di Teras Cihampelas terpaksa gulung tikar karena pandemi Covid-19. Kios-kios PKL pun banyak yang berkarat dan tidak layak pakai.

“Kiosnya sudah terlalu lama tidak dipakai, kehujanan, bocor. Misalnya penggantian kios atau ditutup policarbonate. Mudah–mudahan dengan pak wakil ke sini APBD bisa mendukung perbaikan di Teras Cihampelas,” harapnya.

Ia mengaku akan segera membahas hal ini untuk memperbaiki kios-kios yang rusak.

“Dari 192 PKL yang terdapat di Teras Cihampelas, akan dibina mulai dari pemasaran dan sebagainya,” kata Atet.

Sementara dari sisi pariwisata, Kepala Disbudpar Kota Bandung, Dewi Kania Sari mengatakan, pihaknya akan mencoba membuat konsep atraksi dari segi kebudayaan, seni, dan ekonomi kreatif agar lebih menarik.

“Tidak hanya transaksi dagang, tapi atraksi versi pariwisata belanja, seni budaya, ekonomi kreatif. Pengelolaannya oleh kami (Disbudpar), kita gilir potensi yang ada di Kota Bandung,” tandasnya.