- Advertisement -

Bantu Percepat Digitalisasi UMKM di Jabar, Grab Luncurkan Program #TerusUsaha

Berita Lainnya

ADVERTORIAL, infobdg.com – Sebagai upaya membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jawa Barat agar mampu berkembang dan berdaptasi di era New Normal pandemi Covid-19, Grab Indonesia meluncurkan program #TerusUsaha.

- Advertisement -

#TerusUsaha dari Grab Indonesia mencakup rangkaian program dalam meningkatkan keterampilan para pelaku usaha kecil yang merupakan solusi untuk mempercepat proses digitalisasi UMKM, serta mendorong pertumbuhan bisnis mereka. Program ini pun dirancang khusus untuk mendukung program “Bangga Buatan Indonesia” milik pemerintah.

Melalui program ini, ribuan pengusaha UMKM di Jawa Barat akan mendapatkan fasilitas iklan gratis, peluncuran dua platform digitalisasi, serta sebuah portal yang dirancang khusus bagi UMKM agar bisa belajar dan mencari inspirasi. Maka dari itu, untuk menunjang program ini, Grab Indonesia bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar dan Disperindag Kabupaten Bandung untuk memperkenalkan layanan digital kepada puluhan ribu Industri Kecil menengah (IKM) dan ribuan pedagang pasar tradisional.

Dijelaskan Head of West Indonesia Grab Indonesia, Richard Aditya, bahwa program #TerusUsaha merupakan komitmen pihaknya untuk membantu bisnis kecil dan tradisional agar lebih memiliki daya saing, dan tidak tertinggal dalam era digital.

”Kita melihat ada banyak  bisnis yang tidak mampu bertahan dan bersaing di era New Normal ini karena belum terdigitalisasi. Perubahan pola konsumsi masyarakat yang bergantung pada layanan digital menjadi salah satu faktor terbesarnya. Beralih dan mulai memanfaatkan digitalisasi adalah cara terbaik yang bisa dilakukan oleh para pelaku UMKM untuk mempertahankan usaha mereka di era tatan baru ini,” beber Richard.

Program #TerusUsaha ini memiliki 6 solusi digitalisasi bagi pengusaha UMKM. Diantaranya meningkatkan visibilitas dan permintaan, memberikan pelatihan keterampilan dan pertumbuhan bagi bisnis kecil, menciptakan kesempatan pendapatan baru bagi mereka yang membutuhkan, membuka akses perbankan dan investasi bagi mitra pengemudi di Bandung, teknologi membuka kesempatan usaha mitra di Bandung, serta peningkatan pendapatan dan pemasukan mitra di Bandung.

Hal inipun ditanggapi baik oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dikatakan Kepala Biro Perekonomian Jawa Barat, Drs. Benny Bachtiar, M.Si, bahwa Program #TerusUsaha di Jawa Barat bisa menjadi salah satu langkah dalam mengembangkan koperasi dan UMKM.

“Saat ini, ada banyak UMKM yang terancam kehilangan penghasilannya karena Covid-19. Di tengah kesulitan ini, pasti ada peluang yang bisa dimanfaatkan. Program ini adalah salah satu kampanye positif yang harus bersama-sama kita dukung. Diharapkan UMKM bisa menjadi sokoguru perekonomian bangsa dan membawa kembali kebangkitan perekonomian bangsa serta mampu menyejahterakan rakyat,” ungkapnya.

- Advertisement -
705,464FollowersFollow
2,524,155FollowersFollow
41,450SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Kuliner Bandung

- Advertisement -