- Advertisement -

Ini Makanan yang Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Berita Lainnya

BANDUNG, Infobdg – Kesehatan merupakan hal yang paling penting, apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Sistem kekebalan imun bisa saja naik ataupun turun tergantung pola hidup yang kita lakukan. Agar kekebalan/imun tubuh kita tetap stabil, lakukanlah berbagai aktivitas dan juga konsumsi makanan yang seimbang.

- Advertisement -

Makanan sehat dan bernutrisi tinggi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh lho Wargi Bandung. Berikut makanan penambah imun yang bisa Wargi Bandung coba:

Sayuran hijau

Sayuran hijau dikenal kaya akan manfaat juga nutrisi. Wargi Bandung bisa coba brokoli dan bayam sebagai makanan penambah imun. Kandungan serat dan antioksidan, serta kaya akan vitamin A, C, dan E yang terdapat dalam brokoli ini mampu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh lho. Selain itu, bayam pun memiliki antioksidan yang tak kalah tinggi dibandingkan dengan brokoli. Bayam juga mengandung banyak beta karoten, vitamin C, dan vitamin A yang efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Buah Buahan

Beberapa jenis buah-buahan yang kaya akan anti oksidan dan mineral yang dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh yaitu jeruk, lemon, pepaya, cabai, paprika, kiwi, mangga, jambu, dan stroberi.

Bawang Putih

Bahan makanan atau rempah yang satu ini, selain menambah cita rasa dalam makanan mampu menjaga fungsi kekebalan tubuh karena mengandung zat allicin. Selain itu, bawang putih juga memiliki berbagai macam manfaat baik bagi tubuh.

Jahe

Jahe merupakan tanaman herbal yang dapat membantu mengurangi peradangan. Menurut jurnal dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health – mengenai khasiat jahe, ternyata jahe memiliki potensi untuk mengobati sejumlah penyakit termasuk gangguan degeneratif (radang sendi dan rematik). Tak hanya itu saja, jahe juga bisa mengatasi masalah pencernaan (sembelit dan maag), gangguan kardiovaskular (aterosklerosis dan hipertensi), muntah, serta diabetes mellitus.

Kunyit

Rempah ini mengandung kurkumin dimana kurkumin tersebut adalah antioksidan yang turut berperan dalam menunjang fungsi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kunyit memiliki manfaat antiinflamasi.

Yogurt

Yogurt merupakan olahan susu yang memiliki probiotik dan juga dapat menjadi sumber vitamin D yang baik.

Makanan Laut

Makanan laut mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti protein, omega 3, asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), serta vitamin dan mineral, yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Jenis makanan laut yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh antara lain ikan, kerang, dan tiram.

Selain makan-makanan penambah imun, Wargi Bandung juga harus tetap jaga pola hidup yang baik seperti tidur teratur dengan waktu yang cukup, minum air mineral yang cukup, kelola stress dan pastinya imbangi dengan olahraga juga ya Wargi Bandung. Stay safe!

sumber : alodokter | hallodoc

- Advertisement -
705,614FollowersFollow
2,524,003FollowersFollow
41,450SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Kuliner Bandung

- Advertisement -