- Advertisement -

Manisan Kolang-kaling Suguhan Cantik Saat Lebaran

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – Momen lebaran identik dengan berbagai suguhan cemilan toples yang dipajang di atas meja tamu. Salah satu diantaranya yang selalu ada yaitu manisan kolang-kaling. Tak perlu membeli yang sudah jadi, membuat sediri di rumah pun bisa dan lebih murah lho. Berikut mimin share resep dan cara pembuatannya!

Manisan Kolang-kaling sudah biasa ditemukan sebagai suguhan saat lebaran di kalangan masyarakat Indonesia. Tampilannya yang cantik berwarna-warni seperti batu akik menjadi faktor lainnya mengapa cemilan satu ini sangat cocok untuk dipajang sebagai suguhan bagi tamu yang berkunjung.

Kolang-kaling atau dalam bahasa Belanda biasa disebut Glibbertjes merupakan buah dari tanaman aren. Bentuknya lonjong berwarna putih transparan serta bertekstur kenyal. Ada banyak versi dalam mengolah kolang-kaling menjadi manisan. Namun, ada hal penting yang perlu diperhatikan saat akan membuat manisan kolang-kaling yaitu memilih buah kolang-kaling yang baik. Pilihlah buah yang terlihat bersih dan bening transparan, pastikan tekstur buah yang dipilih cukup keras (firm) karena nantinya akan melalui proses pengolahan maka penting untuk tidak memilih buah yang lembek karena akan mudah hancur. Pastikan juga agar buah yang dipilih tidak berbau asam/basi. Berikutnya Mimin mau kasih tau resep dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan:

– 1 kg buah Kolang-kaling (kurang lebih untuk 1 toples ukuran besar)
– 1 Liter air cucian beras
– 100 gram gula pasir (bisa disesuaikan dengan selera)
– 2-3 Lembar daun jeruk
– Sehelai daun pandan
– 500 ml Fanta sebagai pewarna dan rasa (bisa pilih sesuai warna yang diinginkan)
– Pewarna makanan disesuaikan dengan warna fanta (opsional)

Cara pembuatan:

Siapkan buah kolang-kaling, cuci bersih lalu bisa direndam dengan air cucian beras yang sudah disediakan paling lama selama 24 jam, tujuannya agar menghilangkan bau dari kolang-kaling dan membersihkan lendir dari buah sehingga buah menjadi bersih dan kesat.

Setelah selesai direndam buah bisa dibilas kembali lalu langsung ke proses pembuatan manisan. Masukan buah yang sudah bersih kedalam panci lalu masukan 500 ml Fanta, lalu tambahkan sehelai daun pandan yang diikat (agar mudah disisihkan nanti) dan masukkan juga 2-3 lebar daun jeruk agar lebih segar. Wargi Bandung bis menambahkan beberapa tetes pewarna makanan jika menginginkan warna yang lebih pekat. Aduk dan masak semua bahan tersebut dalam api sedang hingga air Fanta setengah menyusut dan warnanya meresap kedalam buah.

Selanjutnya jangan lupa tambahkan kurang lebih 100 gram gula pasir, apabila kemanisan atau kurang manis bisa disesuaikan. Tambahkan sejumput garam sebagai penetral manis agar tidak eneg. Kecilkan api sambil diaduk agar manisnya merata dan susutkan kembali airnya tapi jangan sampai kering. Jika dirasa sudah cukup menyusut kandungan airnya, matikan api lalu tiriskan kedalam wadah lalu disimpan di kulkas sebelum disajikan kedalam toples dan manisan kolang-kaling pun jadi!

Bagaimana cukup mudah untuk diikuti bukan? yuk cobain resepnya!

 

 

714,036FollowersFollow
2,564,459FollowersFollow
43,650SubscribersSubscribe
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img